PAY4D slot 1000

Treble Winner Real Madrid, Akhir Perpisahan yang Manis untuk Toni Kroos

Treble Winner Real Madrid, Akhir Perpisahan yang Manis untuk Toni Kroos

BeritaBola99 – Pada akhirnya panggung final Liga Champions 2023-2024 di stadion bersejarah Inggris, Wembley, menjadi tempat bagi Toni Kroos untuk bersinar pada laga terakhirnya di level klub, bersama Real Madrid.

Toni Kroos, 34 tahun, memutuskan untuk gantung sepatu atau pensiun total setelah Euro 2024 Jerman. Perjalanannya dengan timnas Jerman masih akan berlanjut, tetapi dengan Madrid segalanya telah berakhir dengan … indah.

Bermain melawan tim dari Jerman, Borussia Dortmund pada Minggu (02/06) dini hari WIB, Kroos berkontribusi membawa Los Blancos menang 2-0 melalui gol Dani Carvajal (74′) dan Vinicius Junior (83′).

Madrid memenangi trofi Liga Champions ke-15, sekaligus treble winner usai memenangi Piala Super Spanyol dan LaLiga, sementara Kroos mendapatkan titel keenamnya di Eropa. Ia memberikan satu assist di laga tersebut yang berbuah gol dari tandukkan kepala Carvajal.

Menilik StatmanDave, catatan Kroos di laga itu adalah 108 sentuhan bola, 91 operan bola berhasi, menciptakan empat peluang, memenangi dua dari tiga tekel, menciptakan dua tendangan, dan satu assist.

“Hal yang menentukan adalah kami tidak kebobolan di babak pertama. Babak pertama benar-benar tidak bagus dari kami. Kemudian kami menjalani pertandingan dengan lebih baik dan mencetak gol,” papar Kroos.

“Kami sepenuhnya berada di sana dan tim yang lebih baik. Tapi itu butuh waktu lama sampai kami menjadi tim yang lebih baik malam ini.”

Memulai karier dari 2007 bersama Bayern Munchen II, Kroos melanjutkan perjalanannya ke tim senior Munchen – sempat dipinjamkan ke Bayer Leverkusen, sebelum akhirnya mengukir sejarah bersama Real Madrid selama 10 tahun.

Kroos sudah memenangi empat titel LaLiga, satu Copa del Rey, lima Piala Super Spanyol, dan lima titel Liga Champions bersama Madrid.

Akhir yang manis bagi Kroos tapi pahit untuk Reus. Sama-sama berasal dari Jerman, Reus (35 tahun) juga memutuskan pensiun di akhir musim setelah membela Dortmund dari 2012.

Karier Reus banyak dirundung cedera yang juga membuatnya absen membela Jerman di turnamen internasional. Reus pensiun dengan dua titel DFB Pokal dan tiga Piala Super Jerman, serta dua kali jadi runner-up Liga Champions.

Berikut catatan lengkap karier Toni Kroos bersama Real Madrid:

465 laga
34.091 operan bola
974 menciptakan peluang
94 persen akurasi operan bola
93 assists
28 gol
23 trofi