Wemby Membalas Ejekan Warganet Setelah Hampir 4 Tahun Berlalu

Victor Wembanyama tahu saat yang tepat untuk berbicara. Pemain yang akrab disapa Wemby itu membalas komentar warganet setelah berlalu selama empat tahun. Tepatnya saat Wemby berhasil membuktikan bahwa ia layak di panggung NBA.

Komentar warganet itu diposting sekitar 21 Oktober 2020. Salah seorang pengguna mengomentari sebuah postingan NBA In Depth. Postingan itu menulis Wemby, yang masih berusia 16 tahun, akan menjadi prospek NBA dan mendominasi musim pembuka di Prancis.

“Dia tidak melakukan semua hal tersebut di NBA,” tulis pengguna yang mengomentari postingan NBA In Depth tersebut.

Menariknya, Wemby membalas komentar itu. Tapi Wemby melakukannya 3,5 tahun kemudian. “Kenapa tidak?” ujar Wemby pada 25 Mei 2024.

Wemby memulai karier profesionalnya pada tahun 2019. Ia bergabung dengan Nanterre 92 dan bermain di LNB Espoirs (liga U-21 Prancis) dan U-18 tim tersebut. Debutnya di LNB Pro A terjadi pada September 2020. Wemby cukup mengesankan pada musim pertamanya dengan menyabet Pro A Best Young Player.

Setelah musim berakhir, Wemby pindah ke Asvel selama satu musim. Kemudian bergabung dengan Metropolitans 92 pada tahun 2022. Pada titik ini, Wemby mulai mencetak deretan prestasi yang mentereng. Seperti Pro A MVP 2022

Nama Wemby menjadi sensasional saat laga eksibisi Metropolitans 92 dengan NBA G League Ignite pada Oktober 2022. Berbagai pujian datang dari pemain NBA. Termasuk LeBron yang menyebutnya Alien. Julukan itu dipertahankan Wemby hingga menjadi seri sepatu khasnya dengan Nike.

Sesuai dengan prediksi sejak laga eksibisi di Las Vegas itu, Wemby menjadi pilihan teratas NBA Draft 2023 oleh San Antonio Spurs. Musim pertamanya memuaskan. Wemby mencatat 21,4 poin per gim, 10,6 rebound, 3,9 asis dan memimpin liga dengan 3,6 blok per gim.

Wemby menjadi satu-satunya ruki yang menjadi finalis Defensive Players of the Year 2024. Wemby memenangkan Rookie of the Year 2024 dengan mutlak. Ia memperoleh 99 suara di posisi pertama. Kemudian namanya tercatat sebagai ruki pertama yang masuk All-Defensive First Team 2024.

Dengan rangkaian catatan itu, Wemby tahu kapan harus memberi jawaban untuk komentar yang meragukannya. (rag)

Foto: Getty Images