PAY4D slot 1000

Tyus Jones setuju untuk bermain di Phoenix Suns dengan kontrak satu musim senilai 3,3 juta dolar Amerika, menurut laporan Kevin Bradbury dari Lift Sports Management kepada ESPN. Jones disebut-sebut menjadi garda utama (point guard) murni terbaik, dari semua pemain “free agent” yang tersedia di pasar sekarang. Jones awalnya dikaitkan dengan beberapa tim, termasuk Lakers. 

Jones merupakan tambahan penting bagi Suns. Karena mereka berjuang tanpa seorang garda utama murni musim lalu. Jones mencetak rata-rata 12,0 poin dan 7,3 asis untuk Washington Wizards pada musim 2023-2024. Jika tugasnya bersama Suns sukses, maka Jones akan berpotensi kembali ke pasar bursa pemain “free agent” dengan nilai tawar lebih tinggi. 

Jones sebenarnya menurunkan “harganya”. Ini karena ruang gaji Suns sudah mepet, dan hanya memiliki kontrak minimum pemain veteran yang dapat ditawarkan kepada Jones.

“Kesempatan bermain untuk Phoenix Suns sangat masuk akal bagi saya dalam banyak hal. Mulai dari cara pemilik klub Mat Ishbia dan jajaran manajemen merekrut saya, hingga cara pelatih Mike Budenholzer menunjukkan kepada saya bagaimana saya dapat memberi dampak yang signifikan pada tim yang memiliki peluang nyata untuk menantang gelar NBA sebagai pemain mereka,” kata Jones. 

Suns tampak agresif dalam meyakinkan Jones tentang potensi perannya dalam daftar pemain yang bercita-cita untuk melaju jauh di babak playoff Wilayah Barat bersama Devin Booker, Kevin Durant , dan Bradley Beal di sampingnya.

Jones, yang kini berusia 28 tahun, telah menghabiskan empat musim sebelum bergabung dengan Wizards dan Memphis Grizzlies. Ia menghabiskan empat musim NBA pertamanya (2015-2019) bersama Minnesota Timberwolves. Jones mencetak rata-rata 9,2 poin, 4,5 asis, dan 1,2 steal dalam 12 pertandingan playoff pada tahun 2022 untuk Grizzlies.

Sayangnya, Tyus Jones memiliki rasio assist-to-turnover sebesar 7,35 musim lalu. Menurut data ESPN Stats & Information, ini merupaan catatan tertinggi dari semua pemain dalam satu musim sejak turnover individu pertama kali dilacak pada tahun 1977-1978. Jones memiliki tiga nilai tertinggi untuk rasio assist-to-turnovers dalam satu musim, yaitu 7,04 pada musim 2021-2022, dan 6,96 pada musim 2018-2019. (*)

Foto: Mike Cruz – givemesport.com