Kristaps Porzingis Tetap Absen di Gim 4 Celtics Lawan Cavaliers

Gim 4 semifinal Wilayah Timur antara Cleveland Cavaliers dan Boston Celtics akan dimainkan di Rocket Mortgage FieldHouse, pada Senin 13 Mei, waktu Amerika Serikat. Tim tamu kembali tidak diperkuat Kristaps Porzingis (KP), yang kabarnya mengalami cedera serius. Meski sudah berlatih, namun ada kemungkinan KP bakal absen dua hingga tiga minggu lagi. 

Celtics tidak diperkuat Porzingis, sosok pelindung ring, selama liga laga terakhir. Pemain asal Latvia ini mengalami cedera otot betis di playoff putaran pertama. Dia ditarik keluar pada akhir kuarter kedua Gim 3 melawan Miami Heat. Pada saat itu, Porzingis dilaporkan mengalami ketegangan pada otot betis kanannya, namun tampaknya masalahnya lebih serius daripada laporan tersebut. 

Meskipun Boston Celtics belum merinci sejauh mana cedera yang dialami KP, dan kepala pelatih Joe Mazzulla belum memberikan kabar terbaru, ada kabar kalau pemain tersebut mengalami keseleo. Jika ini masalahnya, bahkan dalam skenario terbaik sekalipun, keseleo Tingkat I akan membutuhkan waktu 2 hingga 3 minggu untuk sembuh sepenuhnya.

Dikutip dari daftar cedera NBA untuk Gim 4 Celtics kontra Cavaliers. Porzingis dan Luke Kornet yang masuk daftar pemain “diragukan tampil”. Namun Porzingis terlihat melakukan latihan menembak ringan selama latihan pekan lalu, dan mengatakan kepada wartawan bahwa dia akan lebih bersabar untuk kembali ke lapangan. 

“Jelas tidak ada tanggal pastinya. Ini masih cukup dini untuk memperkirakan kemungkinan yang terjadi. Saya pikir ini akan menjadi jelas setelah saya mulai melakukan lebih banyak hal. Belum terlalu dekat untuk kembali. Namun berharap untuk pulih sepenuhnya,” kata KP. 

Porzingis telah menjadi tambahan yang bagus untuk tim musim ini, yang membawa kesuksesan bagi unggulan No. 1 Boston Celtics di Playoff NBA tahun ini. Namun, ada banyak keraguan apakah pemain berusia 28 tahun itu harus mundur ke lapangan atau menunggu lebih lama lagi. 

Selama babak playoff, Porzingis mencetak rata-rata 12 poin, lima rebound, dan dua assist sebelum cedera soleus di Game 4 di Miami. Kehadirannya di sekeliling perimeter karena ukuran tubuhnya telah menciptakan jalur drive yang aman, sehingga memudahkan Jayson Tatum dan Jaylen Brown untuk menyerang. Namun riwayat cedera yang dialaminya juga membuat khawatir. 

KP telah berjuang dengan kebugarannya sepanjang karirnya dan ketersediaannya naik turun sejak ia bergabung dengan dari Washington Wizards, bulan Juni lalu. Dia telah absen karena berbagai macam cedera, keseleo dan benturan, termasuk cedera hamstring, pergelangan kaki, punggung lutut, dan paha depan. Dia memainkan 57 pertandingan selama musim reguler, dengan rata-rata 29,6 menit per gim.

Sementara itu, selama KP absen ada pemain veteran Al Horford menjadi penggantinya. Horford mampu melakukan seperti Porzingis di lineup awal. Di samping Horford, ada Luke Kornet dan Xavier Tillman telah berbagi menit bermain, memberikan kehadiran yang bagus di dalam untuk rebound dan pertahanan. 

Rotasi Celtics jauh lebih mumpuni dari yang diperkirakan orang. Pelatih Joe Mazzulla memiliki tiga orang besar untuk menyusun strategi, yang juga bermanfaat untuk masa depan, dengan asumsi Boston melaju ke Final Wilayah Timur. (*)

Foto: Bleacher Report