Karl-Anthony Towns Raih Penghargaan NBA Social Justice 2023-2024

NBA mengumumkan bahwa bintang Minnesota Timberwolves, Karl-Anthony Towns (KAT), menerima penghargaan Social Justice Champion 2023-2024. Dengan gelar ini, maka KAT akan menerima Trofi Kareem Abdul-Jabbar. Towns terpilih menjadi juara dari lima finalis atas dedikasinya dalam keadilan sosial dan menjunjung tinggi nilai-nilai kesetaraan, rasa hormat, dan inklusi Abdul-Jabbar dan NBA yang telah berlangsung selama puluhan tahun.

Towns telah menjadi advokat yang berkomitmen untuk hak memilih (suara dalam pemilihan), memainkan peran penting dalam pengesahan House File 28 (Bill HF 28) atau RUU Pemulihan Suara di Minnesota. Sebuah undang-undang bipartisan yang mengembalikan hak memilih kepada ribuan orang yang sebelumnya dipenjara. Towns menggunakan platform dan pengaruhnya sebagai bintang NBA untuk mendukung pengesahan RUU tersebut. Towns memperjuangkan menyoroti ketidakadilan dalam sistem peradilan pidana. 

Towns menyatakan bahwa pentingnya bagi seluruh warga negara untuk bersuara dalam demokrasi, dan mendorong keterlibatan semua orang dalam pemilihan umum. Keterlibatan Towns dengan All Square menunjukkan semangatnya untuk memberikan dampak pada isu-isu yang akan membantu menciptakan perubahan positif. HF 28 ditandatangani menjadi undang-undang pada Maret 2023 dan membantu memulihkan hak memilih lebih dari 55.000 warga Minnesota setelah penerapannya pada Juli 2023 yang sebelumnya dipenjara atau dibebaskan bersyarat. Pengesahan HF28 menandai perluasan hak suara terbesar sejak usia pemilih di Minnesota diturunkan menjadi 18 tahun. 

“Karl-Anthony Towns telah menunjukkan komitmen yang mendalam untuk memajukan keadilan sosial melalui kerja advokasinya yang luar biasa tidak hanya dalam setahun terakhir, tetapi sepanjang kariernya,” kata Mark Tatum, Wakil Komisaris dan Chief Operating Officer NBA. 

“Baik itu pengesahan undang-undang Pulihkan Suara di Minnesota, film dokumenter ‘Forgiving Johnny’ atau kelanjutan kerja sama dengan Koalisi, upaya Karl telah memberikan dampak nyata pada kehidupan ribuan orang di Minnesota dan sekitarnya.”

Foto: nba.com

Seperti yang disampaikan Mark Tatum, KAT mendedikasikan waktu dan dukungan finansial sebagai produser film dokumenter berjudul “Forgiving Johnny”. Ini adalah sebuah film pendek yang mengeksplorasi bagaimana transformasi digital memungkinkan perubahan dalam sistem peradilan, mengikuti karakter utama Johnny dan pembela umum, Noah Cox, saat mereka menavigasi sistem hukum yang kompleks. 

Tak hanya itu, KAT juga menyediakan dana untuk film “Origin” karya Ava DuVernay dan mendorong kaum muda untuk menonton film tersebut. Towns juga merupakan anggota dewan Koalisi Keadilan Sosial Bola Basket Nasional (NBSJC), sebuah organisasi advokasi yang dibentuk bersama oleh NBA, Asosiasi Pemain Bola Basket Nasional (NBPA), dan Asosiasi Pelatih Bola Basket Nasional pada tahun 2020 yang memanfaatkan pengaruh permainan untuk mempromosikan kebijakan, membangun kemitraan strategis di pasar NBA di seluruh negara. 

Towns menerima penghargaan tersebut, dengan menyingkirkan empat kandidat lain, yaitu Bam Adebayo (Miami Heat), CJ McCollum (New Orleans Pelicans), Lindy Waters III (Oklahoma City Thunder), dan dan Russell Westbrook (LA Clippers). Pemenang penghargaan Kareem Abdul-Jabbar Social Justice Champion ditentukan oleh panitia seleksi yang terdiri dari Legenda NBA Kareem Abdul-Jabbar sendiri, dan para pemimpin keadilan sosial terkemuka. (*)

Foto: nba.com