Arti Nama Anak Pertama SGA, Dedikasi untuk Oklahoma City Thunder

Shai Gilgeous-Alexander resmi menjadi seorang ayah. Pemain berjuluk SGA itu mengumumkan melalui Instagramnya pada Selasa (2/5) atau Rabu WIB. SGA dan pasangannya, Hailey Summers, memberi nama anak laki-lakinya Ares Alexander. Ares lahir pada 25 April 2024.

Nama Ares memang tidak biasa untuk anak laki-laki. Tetapi nama tersebut dipilih karena ada alasan khusus. Nama itu dipilih SGA sebagai bentuk penghormatannya kepada klubnya, Oklahoma City Thunder.

Dalam mitologi Yunani, Ares merupakan Dewa Perang. Ia adalah putra dari Zeus, sang Dewa Petir atau Thunder. SGA merupakan pemain Thunder. Pemain asal Kanada itu mencapai musim terbaiknya bersama Thunder.

SGA mengawali karier profesional setelah terpilih sebagai pilihan ke-11 pada NBA Draft 2018 oleh Charlotte Hornets. Kemudian SGA ditukar ke Los Angeles Clippers. Ia bermain untuk Clippers selama satu musim.

Debutnya di NBA cukup bagus. Pada musim 2018-2019, SGA bermain penuh dalam 82 gim. Ia mencatat rata-rata 10,8 poin, 2,8 rebound, dan 3,3 asis. Atas raihan tersebut, SGA menjadi urutan keenam Rookie of the Year 2029. Pada tahun itu, Luka Doncic menjadi pemenang.

SGA kemudian ditukar ke Thunder bersama Danilo Gallinari dan beberapa draft pick pada Juli 2019. Clippers membawa Paul George. Ini merupakan salah satu keputusan terbaik bagi Thunder yang sedang membangun tim.

SGA berkembang sangat pesat bersama Thunder. Pencapaiannya terus meningkat dalam lima musim terakhir. Pada tahun keduanya di NBA, SGA menjadi nomor enam dalam Most Improved Player (MIP) 2020.

Puncaknya dalam dua tahun terakhir. SGA mulai masuk jajaran Most Valuable Player (MVP). Pada musim 2022-2023, SGA menjadi urutan kelima dan mendapatkan All-Star pertamanya. Ia mencatat 31,4 poin per gim dan tampil dalam 68 pertandingan.

Thunder melesat tahun ini. Tim asuhan Mark Daigneault itu menjadi unggulan pertama Wilayah Barat dengan rekor 57-25. Rekor yang sama dengan Denver Nuggets, sangjuara bertahan.

Ini menjadi pertama kalinya Thunder sebagai unggulan teratas setelah delapan musim dan menjadi rekor terbaiknya selama satu dekade terakhir. Thunder melangkah ke semifinal dan akan berhadapan Clippers atau Mavericks.

SGA memiliki rataan 30,1 poin, 5,5 rebound, dan 6,2 asis per gim. Ia menjadi finalis MVP 2024. SGA bersaing dengan Luka Doncic (Dallas Mavericks) dan Nikola Jokic (Denver Nuggets). (rag)

Foto: Getty Images