PAY4D slot 1000

Bersama Duo Milan, Juventus dan Bologna Segel Tempat di Zona Liga Champions

Bersama Duo Milan, Juventus dan Bologna Segel Tempat di Zona Liga Champions

BeritaBola99 – Empat tim dari Serie A Italia sudah memastikan tempat untuk Liga Champions 2024-2025. Dua nama teratas diisi duo Milan, Inter Milan dan AC Milan, sementara dua klub lainnya adalah Juventus dan Bologna.

Juventus memastikan tempat tersebut setelah imbang 1-1 atas Salernitana di pekan 36 Serie A, sedangkan Bologna menang 2-0 atas juara Serie A musim lalu, Napoli. Kepastian itu juga didapat keduanya setelah AS Roma kalah 1-2 lawan Atalanta.

Dengan kekalahan tersebut, Juventus dan Bologna sama-sama meraih 67 poin dari 36 laga dan terpaut tujuh poin dari AS Roma di peringkat enam.

Italia setidaknya memiliki lima tim untuk berpatisipasi di Liga Champions musim depan, hingga Atalanta di peringkat lima bukan pesaing langsung keduanya dalam perebutan tempat tersebut.

Juventus (Foto: X)

Bagi Juventus arahan Massimiliano Allegri, kembali ke Liga Champions adalah target utama setelah absen semusim. Terlebih, setelah mereka dilarang berkompetisi di kompetisi UEFA setelah dinyatakan bersalah melanggar aturan UEFA, serta Financial Fair Play (FFP).

Juventus dan tim lainnya akan mengikuti format baru Liga Champions musim depan, dengan regulasi aturan liga pada fase grup di paruh pertama kompetisi. Ada juga 36 tim yang terlibat setelah sebelumnya ada 32 tim.

Dibanding Juventus yang notabene langganan main di Liga Champions, klub besar di Italia dan Eropa, masuknya Bologna untuk Liga Champions musim depan lebih mengejutkan.

“59 tahun kemudian, tim Italia, Bologna kembali ke Liga Champions setelah musim yang fantastis. Kerja bagus dari Thiago Motta, klub, direksi dan tim yang hebat,” ucap Fabrizio Romano soal Bologna.

Bologna (Foto: X)

Dalam sejarah klub, Bologna pernah bermain di kompetisi Eropa pada fase penyisihan pada 1964 tetapi tidak pernah mencapai fase lanjutan.

Faktanya, selama lebih dari 20 tahun Bologna tak berkompetisi di kompetisi Eropa mana pun. Penampilan terakhir mereka datang di Intertoto Cup pada 2002, kala itu mereka kalah 3-5 melawan Fulham di dua leg final.

Hadirnya Bologna sebagai klub pesaing di zona Liga Champions tak lepas dari talenta kepelatihan Thiago Motta. Eks pemain Barcelona, Inter Milan, dan Paris Saint-Germain (PSG) tersebut memadukan kolektivitas bermain dengan memaksimalkan kualitas dari pemain-pemain di dalam skuad.