PAY4D slot 1000

Klub Liga 1 Boleh Kontrak 8 Pemain Asing, PT LIB Terapkan Aturan Khusus

Klub Liga 1 Boleh Kontrak 8 Pemain Asing, PT LIB Terapkan Aturan Khusus

BeritaBola99 – PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) yang kembali menjadi operator kompetisi Liga 1 2024/2025 menerapkan kebijakan baru terkait pemain asing.

Klub peserta Liga 1 musim depan diperbolehkan mengontrak delapan pemain asing. Dari delapan pemain itu, dua di antaranya harus berasal dari Asia.

Sebelumnya, pada musim 2023/2024, klub-klub Liga 1 hanya diizinkan mengontrak enam pemain asing, dengan komposisi 5+1. Artinya, dari enam pemain itu, satu harus dari Asia.

Namun, meski bisa mengontrak delapan pemain asing, PT LIB menerapkan kebijakan atau aturan khusus. Aturan yang dimaksud adalah dari delapan legiun impor itu, hanya enam yang diizinkan menjadi starter.

“Jika klub mengontrak 8 pemain asing, ketentuan yang bisa menjadi starter adalah 5+1 (lima bebas, satu Asia),” kata Direktur Utama PT LIB, Ferry Paulus.

Ferry menambahkan, kedelapan pemain asing boleh masuk dalam daftar susunan pemain atau DSP. Namun, hanya enam pemain asing yang diizinkan bermain.

“Itu artinya pemain asing cadangan bisa masuk jika menggantikan pemain asing lain yang diturunkan,” lanjutnya.

Ferry mengatakan kebijakan ini dibuat supaya para pemain lokal tetap mendapatkan menit bermain. Di sisi lain, penambahan pemain asing diharapkan akan membuat kualitas kompetisi menjadi semakin baik.

Kendati demikian, jumlah delapan pemain asing ini tidak wajib dipenuhi oleh klub. PT LIB menyerahkan kepada klub sesuai kemampuan finansial serta kebutuhan masing-masing.

“Dengan begitu, akan berpengaruh pada kualitas pemain lokal kita dan akan bermanfaat bagi timnas,” ucap mantan Direktur Olahraga Persija Jakarta tersebut.

Liga 1 musim 2024/2025 rencananya akan dimulai pada 2 Agustus mendatang. Persib Bandung keluar sebagai juara musim ini setelah menang agregat 6-1 (3-0, 1-3) atas Madura United di final championship series.