WNBA Selidiki Las Vegas Aces Karena Ada Kesepakatan Di Luar Kontrak

WNBA sedang menyelidiki juara bertahan dua kali Las Vegas Aces setelah setiap pemain dalam roster akan menerima kesepakatan sponsorship senilai 100 ribu dolar Amerika. Liga tidak merinci mengapa mereka menyelidiki Aces, tetapi kemungkinan besar terkait dengan apakah kesepakatan tersebut benar-benar melanggar batas gaji, meskipun sponsorshipnya mirip dengan kesepakatan nama, dan adanya kemiripan dengan NIL untuk atlet perguruan tinggi.

ESPN melaporkan bahwa liga akan mempertimbangkan apakah kesepakatan itu melanggar peraturan pembatasan gaji. Karena hal itu akan memberi tim keuntungan perekrutan dan insentif tambahan bagi pemain untuk menandatangani kontrak dengan Las Vegas. 

Batas gaji WNBA adalah 1,4 juta dolar, dan kesepakatan dengan Las Vegas Convention and Visitors Authority (LVCVA) akan memberikan tambahan uang sebesar 1,2 juta untuk tim Las Vegas Aces. Kesepakatan itu juga menghasilkan lebih banyak uang daripada separuh pendapatan pemain dalam kontrak WNBA mereka. Karena enam dari 12 pemain dalam roster tersebut berpenghasilan di bawah 100 ribu dolar, menurut data Spotrac. 

Kasus ini muncul setelah LVCVA mengumumkan bahwa mereka akan mensponsori setiap pemain di tim, sehingga menghasilkan sponsorship dua tahun yang pertama. Kesepakatan tersebut, yang ditengahi langsung oleh LVCVA dengan agen masing-masing pemain, akan menawarkan sponsorship sebesar 100 ribu dolar per tahun kepada setiap pemain aktif untuk musim 2024 dan 2025. 

“Para pemain ini telah memberikan sorotan nasional pada Las Vegas. Tidak ada perwakilan yang lebih baik untuk Las Vegas selain para atlet juara ini,” kata Steve Hill, presiden dan CEO LVCVA. “Kesepakatan sponsorship pertama dengan para pemain secara langsung menciptakan kemenangan bagi mereka dan kemenangan bagi tujuan kami. Kemitraan ini dibangun berdasarkan momentum pariwisata olahraga saat ini dan popularitas olahraga profesional perempuan.”

Roster aktif saat ini per 18 Mei 2024, meliputi Kierstan Bell, Emma Cannon, Alysha Clark, Sydney Colson, Dyaisha Fair, Chelsea Gray, Megan Gustafson, Kate Martin, Kelsey Plum, Kiah Stokes, A’ja Wilson dan Jackie Young. 

Laporan penyelidikan muncul setelah kemenangan kandang Las Vegas atas Los Angeles Sparks pada hari Sabtu, pekan lalu. Usai pertandingan, kepala pelatih Becky Hammon ditanyai tentang kesepakatan tersebut. 

“Dari apa yang saya pahami, mereka menginginkan seluruh tim. Jadi mereka memanggil individu, agen,” kata Hammon. “Saya tidak tahu detailnya. Saya tidak ada hubungannya dengan itu. Aces tidak ada hubungannya dengan itu. Aneh saja, tapi pada dasarnya itulah yang terjadi.”

Sementara itu, ini bukan kali pertama Las Vegas berada di bawah penyelidikan WNBA. Sebelumnya, Becky Hammon diskors untuk dua pertandingan pertama musim ini tanpa bayaran dan tim tersebut kalah dalam draft pick putaran pertama tahun 2025 setelah liga memutuskan Aces melanggar kebijakan tempat kerja dan peraturan liga mengenai tunjangan pemain. WNBA mengatakan Aces menjanjikan keuntungan yang tidak diperbolehkan dalam negosiasi perpanjangan kontrak dengan mantan penyerang Dearica Hamby, dan Hammon memberikan komentar tentang situasi yang dihadapi Hamby di media. (*)

Foto: The News Market