PAY4D slot 1000

Victor Wembanyama Mulai Menebar Ancaman

Victor Wembanyama cukup dengan medali emas Olimpiade. Tapi kesempatan itu lenyap di menit-menit terakhir saat AS membungkam Prancis. Tetapi perjalanan Wemby masih panjang. Wemby pun mulai menebar ancaman.

Dominasi AS memang tidak terbantahkan. Satu-satunya pemain NBA non-Amerika yang pernah meraih emas Olimpiade adalah Manu Ginobili. Ia memimpin Argentina meraih emas Olimpiade Athena 2004. Saat itu Ginobili merupakan pemain Spurs.

AS memenangkan final Olimpiade Paris 2024 atas Prancis dengan skor 98-87. Lawan Wemby dan Prancis berat. AS membawa deretan MVP dan veteran yaitu LeBron James, Kevin Durant, dan Stephen Curry. Kekalahan Prancis kedua kali secara beruntun di final Olimpiade tak terelakkan.

Tapi ketiga pemain itu mungkin tampil untuk terakhir kalinya di Olimpiade. Wemby menyadari kesempatannya akan lebih besar saat generasi berganti. Empat tahun lagi di Los Angeles.

“Saya belajar. Dan saya khawatir dengan lawan-lawan saya dalam beberapa tahun mendatang,” ujar Wemby kepada Mike Finger dari The San Antonio Express News. Finger menegaskan di NBA atau FIBA. “Dimana pun,” jawab Wemby.

Dalam Olimpiade Paris 2024, Wemby memimpin Prancis dengan 15.8 poin 9,7 rebound, 3,3 asis, dan 1,7 blok per gim. Ia bermain rata-rata 29,8 menit dalam enam gim.

Empat tahun lagu Wemby berusia 24 tahun. Usia dimana ia memasuki puncak kariernya. Prancis juga memiliki generasi baru. Seperti Zaccharie Risacher, No. 1 NBA Draft 2024. Kemudian Alex Sarr di No. 2.

Selain itu, ada pemain muda lain yang menjanjikan untuk Prancis. Seperti Matthew Strazel dan Bilal Coulibaly. Juga pemain veteran yang menggantikan yaitu Guerschon Yabusele, Mathias Lessort, hingga Isaia Cordinier.

Setelah Olimpiade usai, Wemby akan kembali ke Spurs. Wemby melalui musim perdananya di NBA dengan luar biasa. Ia menjadi Rookie of the Year 2024 secara mutlak. Ruki pertama yang masuk All-Defensive First Team. (rag)

Foto: Getty Images