PAY4D slot 1000

Sudan Selatan Raih Kemenangan di Laga Perdana Olimpiade !

Sudan Selatan tampil luar biasa di laga pertama mereka di Olimpiade 2024 Paris, Minggu (28/7), waktu setempat. Dalam penampilan perdana mereka di Olimpiade secara keseluruhan, negara yang baru merdeka pada 2011 ini menang 90-79 atas Puerto Riko. Sudan Selatan jadi tim Afrika pertama yang menang di laga perdana mereka di Olimpiade dengan lawan dari luar negara Afrika. 

Kemenangan perdana ini tak berjalan mudah untuk Sudan Selatan. Puerto Riko memulai laga dengan mematikan. Selain mencetak 54 poin di paruh pertama, Puerto Riko juga menembak 10/15 dari tripoin (67 persen). Duet garda Jose Alvarado dan Tremont Waters jadi dua tokoh utama yang menceploskan tembakan-tembakan tersebut. 

Jeda antarbabak menjadi penyelamat situasi untuk Sudan Selatan. Selepas jeda, pasukan yang dipimpin oleh Royal Ivey ini langsung tampil panas. Mereka berusaha merebut semua rebound yang tersedia sembari terus mencari tembakan terbaik mereka. Hasilnya, di pertengahan kuarter tiga, tripoin dari Nuni Omot membawa Sudan Selatan unggul untuk kali pertama di gim ini. 

Sudan Selatan memanfaatkan momentum ini dengan baik. Mereka menahan Puerto Riko hanya memasukkan 25 poin di 20 menit terakhir dan hanya menembak 1/16 dari tripoin di kurun waktu yang sama. Situasi ini yang membuat Sudan Selatan terus berada di posisi unggul sampai akhir laga.

Lima pemain Sudan Selatan mencetak dua digit poin. Tak sampai di situ, dari 11 pemain yang bermain, 10 di antaranya berhasil mencetak angka. Carlik Jones seperti biasa tampil menyeluruh. Kali ini bermain 37 menit, MVP G League 2022-2023 ini mencetak 19 poin, 7 rebound, dan 6 asis. Ia memasukkan 7/15 tembakan dan menorehkan catatan (+/-) tertinggi untuk tim dengan 22. 

Marial Shayok membantu dengan 15 poin. Nuni Omot dan Bul Kuol masing-masing menambahkan 12 poin. Keduanya mengombinasikan 4/10 tripoin. Peter Jok solid dari bangku cadangan dengan 11 poin plus 6 rebound. Jok memimpin Sudan Selatan dengan 3/4 tripoin. 

Jose Alvarado jadi andalan utama Puerto Riko dengan 26 poin dan 5 asis. Sempat mengalami masalah di engkelnya pada akhir kuarter dua, Alvarado kembali ke lapangan untuk kuarter tiga dan bermain total 32 menit. Tremont Waters menyusul dengan 18 poin plus 4 asis. George Conditt IV menambahkan 13 poin plus 6 rebound dari tembakan sempurna (6/6). Gian Clavell melengkapi dengan mencetak 11 poin plus 4 rebound. 

Bergabung di Grup C, Puerto Riko selanjutnya akan menghadapi Serbia, tulat. Sudan Selatan sendiri akan jumpa Amerika Serikat di laga selanjutnya, tubin. Sebelumnya, di laga uji coba, Sudan Selatan hanya kalah satu poin dari Amerika Serikat. (DRMK)

Foto: FIBA