Sportmanship Awards Melengkapi Musim Terbaik Tyrese Maxey

Bintang Philadelphia 76ers Tyrese Maxey adalah salah satu pemain paling “gila” di NBA musim 2023-2024. Dia selalu bermain 110% setiap laga, dan tidak peduli apa yang terjadi selama pertandingan. Bahkan jika dia melewati kesulitan apa pun, Maxey selalu memiliki senyuman di wajahnya. Musim ini dia menutup dengan gelar Sportmanship Award NBA. 

Bagi siapa pun yang pernah berada di dekatnya, dua penghargaan musim ini rasanya tidak terlalu mengejutkan. Maxey dinobatkan sebagai Most Improved Player of The Year dan mendapatkan gelar Sportmanship Award di musim yang sama. Dia adalah pemain Sixers kedua yang memenangkan penghargaan Sportmanship Award, setelah Eric Snow pada musim 1999-2000.

Mengambil beban yang lebih besar di tengah saga James Harden dan Sixers, Maxey mencetak rata-rata 25,9 poin, 6,2 asis, dan 3,7 rebound dalam perjalanannya untuk dinobatkan sebagai All-Star untuk pertama kalinya dalam kariernya. Dia tampil luar biasa sepanjang musim, dengan rekor poin dan asis tertinggi sepanjang kariernya. 

Namun di tengah sorotan media dan penggemar, Maxey tidak pernah kehilangan sikap positifnya. Etos kerja yang dia bawa dan rasa hormat yang dia miliki terhadap permainan dan rekan-rekannya memungkinkan dia memenangkan Sportsmanship Award NBA 2023-2024. Penghargaan ini dipilih oleh para pemain dari daftar nominasi yang diajukan oleh tim dan dikurasi oleh panel eksekutif liga.

Pengumuman penghargaan ini juga terasa sangat istimewa. Trofi Joe Dumars diserahkan langsung oleh orang tuanya di rumah. Dalam sambutan singkatnya setelah menerima trofi, Maxey mengatakan kalau sikapnya tersebut tak lepas dari peran orang tuanya. Dia selalu didorong untuk menghormati pemain lain dan selalu menjunjung tinggi nilai sportivitas di lapangan. 

Maxey akan berusaha membangun penampilan All-Star-nya di musim 2024-2025. Dia akan berusaha membantu Philadelphia mengambil langkah berikutnya di Wilayah Timur, di bawah bimbingan pelatih Nick Nurse untuk musim kedua. Maxey adalah agen bebas terbatas musim panas ini dan akan mendapatkan kontrak maksimal dari Sixers. (*)

Foto: Brad Penner-USA TODAY Sports