PAY4D slot 1000

Sejarah Nigeria! Negara Afrika Pertama yang Lolos Perempat Final Olimpiade

Nigeria luar biasa! Mereka membawa sejarah baru bagi bola basket Afrika. Nigeria menjadi negara Afrika pertama, baik putra dan putri, yang lolos penyisihan grup atau perempat final Olimpiade. Nigeria menundukkan Kanada 79-70.

Nigeria mengawali gim dengan mantap. Tapi lengah di kuarter kedua. Sepanjang paruh pertama, terjadi 6 kali pergantian kedudukan dan 6 kali skor imbang. Nigeria mengunci momentum di awal kuarter ketiga.

Pada kuarter tersebut, Nigeria melesat dengan laju 23-5. Mereka memimpin dengan nyaman di dua kuarter terakhir. Ini tidak lepas dari 26 turnover Kanada yang menyumbang 26 poin untuk Nigeria.

Ezinne Kalu mencatat 21 poin melalui 7/12 tembakan. Kalu juga menambah dengan 3 rebound, 2 asis, dan 3 steal. Elizabeth Balogun 14 poin dan 4 rebound. Promise Amukamara 12 poin, 6 asis, dan 5 steal.

Dari kubu Kanada, skor tertinggi menjadi milik Bridget Carleton dengan 13 poin. Carleton mencatat 4/15 tembakan selama 31 menit. Kayla Alexander membuat 12 poin dan 7 rebound.

Hasil ini membuat Nigeria untuk sementara di puncak Grup B dengan rekor 2-1. Grup B menyisakan pertandingan antara Prancis dan Australia. Prancis sudah memastikan diri lolos. Australia harap-harap cemas. Kanada sendiri nihil kemenangan di Olimpiade Paris 2024.

Capaian Nigeria ini menjadi torehan baru untuk basket Afrika. Mesir (putra) merupakan negara Afrika pertama yang ikut serta Olimpiade di edisi perdana di Berlin pada tahun 1936. Sedangkan Republik Demokratik Kongo mengawali langkah tim putri Afrika di Olimpiade Atlanta 1996. Selamat Nigeria. Selamat Afrika. (rag)

Foto: FIBA