PAY4D slot 1000

Rudy Gobert Hanya Bermain Delapan Menit Dalam Dua Laga Krusial

Peran Rudy Gobert bersama Tim Nasional Prancis di Olimpiade Paris 2024 berkurang. Dan, mungkin hampir tidak terlihat jejaknya terutama di perempat final dan semifinal. Gobert hanya bermain selama delapan menit total dalam dua kemenangan babak sistem gugur tim untuk melaju ke final, di kandang mereka sendiri.

Pemenang penghargaan DPOY NBA empat kali tersebut nyaris tidak mendapat menit bermain dalam dua pertandingan krusial, saat Prancis melakukan perjalanan hebat menuju Final Olimpiade. Selain itu, bintang muda berusia 20 tahun, Victor Wembanyama yang baru pertama kali bermain di Olimpiade, memikul beban Les Bleus

Setelah mencatat rata-rata 7,3 poin, 8,3 rebound, dan 2,6 blok dalam 21 menit per pertandingan di babak penyisihan grup, semua tanda mengarah ke pemain tengah Timberwolves yang terus membentuk duo pemain besar yang dinamis bersama Wembanyama. Tapi semua prediksi terpatahkan ketika peran Gobert justru berkurang di babak sistem gugur.

Gobert secara mengejutkan turun dari bangku cadangan pada perempat final melawan Kanada. Dia menepis kabar miring tentangnya, dengan mengatakan bahwa mengalami cedera pada jari manis kirinya. Kemudian, Gobert kembali turun dari bangku cadangan melawan Jerman. Ia akhirnya hanya bermain selama lima menit, hampir semuanya di babak pertama. Fakta bahwa ia bermain di kedua pertandingan menunjukkan bahwa cedera jari bukanlah masalah.

Justru situasi semakin membingungkan ketika Sam Amick dari The Athletic mengabarkan bahwa kepala pelatih Prancis Vincent Collet mengatakan Gobert tidak menjalani operasi. “Collet mengindikasikan ini bukan operasi, tetapi pemeriksaan yang mencakup MRI dan menyebabkan Gobert kesakitan,” tulis Amick. “Itu adalah faktor yang berpengaruh dalam waktu bermainnya.”

Gobert telah mencetak rata-rata lebih dari 10 poin per pertandingan di setiap kompetisi internasional utama bersama Prancis sejak Olimpiade Rio tahun 2016. Lalu dalam kompetisi pertamanya bersama Wembanyama, ia mencetak rata-rata kurang dari lima poin per pertandingan. Diperlukan pemain yang unik untuk melengkapi keahlian Wembanyama, dan Prancis jelas tidak menyukai duet pemain besar itu dalam dua pertandingan terakhirnya. Mereka mengandalkan pemain yang lebih berpikiran ofensif seperti Mathias Lessort dan Guerschon Yabusele, untuk dimainkan bersama Wemby.

Tapi di media sosial sudah banyak yang membahas hal ini. Mantan pemain Golden State Warriors, Gilbert Arenas, ikut serta mengeluarkan sindiran pedas terhadap Gobert. Dalam episode terbaru “Gil’s Arena”, dia mengangkat topik Gobert dan menyoroti keputusan pelatih Vincent Collet untuk mengurangi waktunya di lapangan. Dalam dua pertandingan terakhir, yaitu perempat final dan semifinal, pemain bertubuh besar itu bermain selama total delapan menit. Gobert bahkan hanya bermain selama 2 detik di kuarter keempat. Semua itu jadi bahan ejekan Arenas. 

“Dua detik itu juga bagus. Ia datang untuk melakukan lemparan bebas dan itu adalah dua detik yang tidak disengaja, seharusnya satu detik,” ujarnya. 

Pemain senior Prancis itu tidak hanya menghadapi panasnya komentar seputar penampilannya di Olimpiade Paris 2024, Dia telah berada di bawah radar sejak pascamusim NBA 2024. Itu dimulai ketika ia memenangkan DPOY keempatnya, karena banyak yang mengkritik bahwa Victor Wembanyama pantas memenangkannya. Setelah itu, ia mengalami performa yang mengecewakan di pascamusim. 

Selain itu, Draymond Green, yang bergabung dengan kru TNT selama pascamusim, mengejar musuh bebuyutannya, terus-menerus menjelek-jelekkannya. Khususnya, Green terus melakukannya bahkan sekarang. Setelah perdebatan tentang pengurangan menit bermain, bintang Dubs itu mengambil mikrofonnya dan menggambarkan situasi itu sebagai kegilaan. Pelatih Prancis itu mengungkapkan bahwa dia telah mencadangkan Gobert karena alasan pertandingan, sementara pria besar itu menunjuk jarinya yang cedera. Sehingga belum bisa dipastikan apakah Gobert main atau absen di laga final melawan Amerika Serikat. (*)

Foto: fiba.basketball