PAY4D slot 1000

Rekor Terbanyak, 139 Pemain NBA dan WNBA di Olimpiade Paris 2024

Olimpiade Paris 2024 membuat NBA dan WNBA mengukir catatan sejarah baru. Dalam kompetisis bola basket (5-on-5), menampilkan 51 pemain NBA dan 31 pemain WNBA aktif. Namun, jika kategorinya diperluas dengan memasukkan nama mantan pemain NBA dan WNBA, serta 3×3, maka jumlahnya mencapai 139 pemain. 

Rinciannya ada 81 pemain aktif dan non-aktif NBA, dan 51 pemain aktif dan non-aktif WNBA. Sedangkan dari 3×3 putra dan putri, akan menampilkan satu mantan pemain NBA, tiga pemain WNBA aktif, dan tiga mantan pemain WNBA. Rekor sebelumnya untuk pemain dengan pengalaman NBA dan WNBA adalah 121 pemain (49 pemain NBA dan 26 pemain WNBA), yang tampil pada Olimpiade Tokyo 2020 (yang digelar 2021).

Di luar AS, Kanada memiliki pemain NBA terbanyak saat ini dengan 10 pemain, diikuti oleh Australia (9 pemain), dan Prancis (5 pemain). Sepuluh dari 12 tim dalam kompetisi 5-lawan-5 putra memiliki sedikitnya lima pemain dengan pengalaman NBA.

Di antara semua tim di luar AS, dalam kompetisi 5-lawan-5 putri, Australia memiliki pemain WNBA terbanyak saat ini dengan 6 pemain, diikuti oleh Kanada (4 pemain) dan Jerman (3 pemain). Delapan dari 12 tim dalam kompetisi 5-lawan-5 putri memiliki sedikitnya tiga pemain dengan pengalaman WNBA.

Untuk jumlah tim yang terwakili, untuk pemain putra mewakili 26 tim NBA. Sedangkan di sektor putri, ada pemain-pemain dari 11 klub kontestan WNBA. Minnesota Timberwolves memiliki empat pemain aktif terbanyak di NBA, diikuti oleh Boston Celtics, Houston Rockets, dan Los Angeles Lakers (masing-masing tiga). Las Vegas Aces memiliki enam pemain terbanyak di WNBA, diikuti oleh New York Liberty, Phoenix Mercury, dan Los Angeles Sparks (masing-masing empat).

Lebih jauh, di luar rekor tersebut terdapat data menarik yang bisa disimak. Dalam Olimpiade Paris 2024 ada enam mantan MVP NBA yang tampil yaitu Giannis Antetokounmpo, Stephen Curry, Kevin Durant, Joel Embiid, LeBron James, dan Nikola Jokic. Lalu ada empat mantan MVP WNBA, yaitu Lauren Jackson, Breanna Stewart, Diana Taurasi, dan A’ja Wilson. Untuk daftar nama pemain yang pernah juara, ada 13 mantan juara NBA dan 16 mantan juara WNBA. Kemudian ada 15 mantan NBA All-Stars, dan 20 mantan WNBA All-Stars dalam daftar pemain tim nasional.

Untuk NBA G League, ada 19 pemain dengan pengalaman NBA G League dalam daftar pemain tim nasional. Kemudian ada tiga pemain dengan pengalaman BAL (Liga Bola Basket Afrika), termasuk juara BAL 2023 dan MVP Nuni Omot, yang membantu Sudan Selatan lolos ke penampilan bola basket Olimpiade pertamanya.

Dari program NBA Academy, terdapat empat pemain lulusan program tersebut, yaitu Dyson Daniels, Josh Giddey, Akira Jacobs, dan Khaman Maluach. Selain itu, daftar pemain putri menampilkan dua alumni program Women’s NBA Academy, yaitu Han Xu dan Aaliyah Edwards. (*)

Foto: fiba.basketball