PAY4D slot 1000

Perbasi Buka Pendaftaran Ketum, Bakal Calon Harus Siapkan Dana Setengah Miliar

PP Perbasi akan berganti ketua umum tahun ini. Mereka mengadakan Musyawarah Nasional (Munas) dengan agenda pemilihan ketum untuk periode 2024-2028. Agenda tersebut dijadwalkan pada 28-30 Oktober di Jakarta.

Ada dua agenda Munas Perbasi. Pertama untuk mengubah Anggaran Dasar (AD)/Anggaran Rumah Tangga (ART) PP Perbasi. Kedua untuk pemilihan Ketua Umum PP Perbasi periode 2024-2028.

“Tim Pelaksana Munas dan Tim Pengarah sudah bekerja sejak Pra Munas yang diselenggarakan pada 1 Juni 2024. Dan terus bekerja mempersiapkan munas sampai saat ini,” kata Panitia Pelaksana Munas George Dendeng dalam keterangan resminya pada Rabu (14/8).

PP Perbasi telah menunjuk Setia Dharma Majid sebagai Ketua Tim Penjaringan Bakal Calon Ketua Umum. Setia sendiri pernah menjabat sebagai Sekjen dan Waketum Perbasi.

Adapun syarat untuk menjadi bakal calon ketua umum adalah melengkapi persyaratan administrasi. Beberapa yang harus disiapkan adalah dokumen pakta integritas dan tidak pernah berurusan hukum pidana dan perdata.

Selain itu, bakal calon ketum harus menyerahkan bukti tertulis dukungan dari 15 pengprov. Bukti itu ditandatangani oleh ketua pengprov. Syarat lain yang harus dipenuhi adalah finansial.

“Saat mengembalikan formulir wajib menyerahkan dana sebesar Rp500 juta sebagai bentuk komitmen dan keseriusan dalam mencalonkan diri sebagai Ketum PP Perbasi. Ini penting karena ketum selanjutnya harus serius melanjutkan tongkat estafet prestasi yang sudah ditancapkan kepengurusan saat ini,” ujar Dharma.

Bakal calon ketum bisa mengambil formulir pendaftaran pada 14-23 Agustus 2024. Formulir dikembalikan pada 23 Agustus-23 September 2024. Setelah itu berkas akan diproses oleh Tim Penjaringan.

Danny Kosasih menjadi Ketum PP Perbasi dalam dua periode. Terakhir pada 2019-2023. Masa kepengurusan diperpanjang dengan alasan adanya Piala Dunia FIBA 2023. Akhirnya munas dilaksanakan setelah PON XXI/2024. (rag)

Foto: Perbasi