PAY4D slot 1000

Paul Pierce Mendukung Langkah Kawhi Leonard Mundur dari Timnas AS

Kawhi Leonard mundur dari timnas AS. Dia tidak jadi tampil di Olimpiade Paris 2024. Los Angeles Clippers disebut ingin menjaga Kawhi dari potensi cedera pada musim panas. Tampil dalam acara Undisputed, legenda hidup Boston Celtics Paul Pierce menyebut itu langkah bijaksana.

Bukan tanpa sebab. Kawhi memiliki riwayat cedera berat sejak 2017, saat masa-masa terakhirnya di San Antonio Spurs. Pada musim 2017-2018, ia hanya bermain dalam 9 gim karena mengalami cedera paha. Kawhi ditukar ke Toronto Raptors pada musim panas 2018.

Raptors berhasil memaksimalkan potensi Kawhi. Ia pulih dan membawa Raptors meraih juara NBA 2019. Ini menjadi gelar NBA dan MVP Final NBA kedua setelah juara dengan Spurs pada 2014.

Kesuksesan itu membuat Clippers tertarik. Mereka memboyong Kawhi, bersamaan dengan Paul George dari Oklahoma City Thunder. Apes untuk Clippers. Kawhi mengalami cedera ACL pada 2021. Tepatnya pada Gim 4 Semifinal Wilayah Barat melawan Utah Jazz. Kawhi menjalani operasi dan melewatkan seluruh musim 2021-2022.

Dua musim terakhir ia berupaya pulih. Kawhi bermain 52 gim pada musim 2022-2023. Lalu meningkat menjadi 68 gim pada musim 2023-2024.

Dengan riwayat itu, Clippers benar-benar ingin menjaga Kawhi. Apalagi mereka memberi Kawhi perpanjangan kontrak tiga tahun senilai AS$153 juta pada Januari lalu. Keputusan Clippers menarik Kawhi dari timnas AS dipuji oleh Pierce.

“Melihat riwayat cedera Kawhi, saya mendukung langkah tersebut. Seperti yang kita ketahui, Kawhi tidak menyelesaikan musim di Clippers. Saya tahu jumlah gimnya terus meningkat. Saya tahu dia mungkin merasa gatal dan ingin bermain. Tapi menurut saya yang terbaik adalah bersiap untuk tim yang memberinya banyak uang,” ujar Pierce.

Lebih lanjut, Pierce membicarakan langkah yang lebih berani. Dia malah menyarankan agar Kawhi mempertimbangkan opsi pensiun karena riwayat cedera tersebut. Sebab, demi kesehatan Kawhi sendiri. Kawhi diketahui memiliki riwayat cedera yang berkepanjangan dalam beberapa tahun terakhir.

“Kawhi harus benar-benar mulai memikirkan soal pensiun. Saya percaya hal itu sebaiknya dilakukan. Ini untuk kesehatannya sendiri. Kawhi melewatkan 44 persen pertandingan/ Dia harus memikirkan dampak jangka panjangnya,” ujar juara NBA 2008 itu. (rag)

Foto: Getty Images