Mike James adalah MVP EuroLeague 2024!

Persaingan di Playoff NBA 2024 cukup panas. Dua semifinal wilayah yang digelar menghadirkan cerita dan duel yang menakjubkan. Namun, di belahan dunia yang lain, EuroLeague juga sedang menyajikan kisah serunya sendiri.

EuroLeague juga sudah mendekati babak akhir. Mereka memasuki babak semifinal atau yang dikenal dengan Final Four. Final Four ini melibatkan Panathinaikos melawan Fenerbahce dan Real Madrid menghadapi Olympiacos. 

Selain persiapan menjelang Final Four, EuroLeague baru saja mengumumkan satu penghargaan individu mereka. Adalah gelar pemain terbaik atau Most Valuable Player (MVP) yang jatuh pada pemain asal tim AS Monaco, Mike James. 

James muncul sebagai pemimpin Monaco yang finis di peringkat tiga klasemen akhir musim reguler dengan 23 kemenangan dan 11 kekalahan. Total James juga mencetak dua digit poin di 38 dari 39 pertandingan termasuk lima lga Playoff. 

James menorehkan rataan 17,9 poin, 4,1 rebound, dan 5,1 asis per gim. Ia juga meningkatkan akurasi tripoinnya dari 27 persen musim lalu menjadi 37 persen musim ini. Musim ini juga jadi musim bersejarah James yang menyalip catatan Vassilis Spanoulis sebagai top skor sepanjang masa EuroLeague. 

Ini adalah gelar MVP EuroLeague pertama James yang memulai kariernya bersama Baskonia di 2016. Ia kemudian melanjutkan peralanannya bersama Panathinaikos, Milan, dan CSKA Moscow. James musim ini juga masuk menjadi All-EroLeague Team bersama Facundo Campazzo (Real Madrid), Kendrick Nunn (Panathinaikos), Nigel Hayes-Davis (Fenerbahce), dan Mathias Lessort (Panathinaikos).

Pemain 33 tahun ini juga sempat berkarier di NBA. Bersama Phoenix Suns, New Orleans Pelicans, dan Brooklyn Nets di kurun dua musim, 2017-2018 dan 2020-2021. Total ia bermain 49 kali di NBA dengan catatan poin tertingginya adalah 26 poin bersama Suns. James juga sempat berlaga sembilan laga di Playoff bersama Nets. (DRMK)

Foto: Getty Images