PAY4D slot 1000

Joel Embiid Dapat Penghargaan dari Kamerun

Pemain basket AS Joel Embiid, mengunjungi Presiden Kamerun Paul Biya, setelah memenangkan medali emas di Olimpiade 2024, kini telah dihormati oleh Kamerun. Dikutip dari laporan TMZ. Embiid yang menganugerahinya Commander’s Medal of the Order of Merit. Penghargaan tersebut diberikan kepada warga negara Kamerun yang telah memberikan kontribusi luar biasa pada bidang seni, sains, pertanian, perdagangan, atau industri.

Tak dipungkiri bahwa Embiid merupakan pemain kelahiran Kamerun. Embiid lahir di Yaounde, Kamerun, dari orang tua seorang perwira militer Thomas Embiid dan istrinya, Christine. Ia bermain voli dan sepak bola di masa kecil dan awalnya berencana untuk bermain voli profesional di Eropa tetapi mulai bermain basket pada usia 15 tahun, meniru permainannya dari center NBA Hall of Fame Hakeem Olajuwon. 

Embiid ditemukan di sebuah kamp basket oleh Luc Mbah a Moute, sesama penduduk asli Yaounde dan pemain NBA. Dengan Mbah a Moute sebagai mentornya, Embiid pindah ke Amerika Serikat pada usia 16 tahun untuk mengabdikan dirinya untuk menjadi pemain basket profesional.

Embiid memenuhi syarat untuk bertanding untuk tim nasional Kamerun, Prancis dan Amerika Serikat. Pada 7 Februari 2017, Embiid ditunjuk menjadi anggota tim Kamerun untuk bertanding di FIBA ??AfroBasket 2017 di Republik Kongo. 

Foto: nba.com

Pada bulan Juli 2022, Embiid diberikan kewarganegaraan oleh Prancis. Kemudian pada bulan September, ia juga menjadi warga negara AS. Embiid berkomitmen untuk bermain untuk tim Olimpiade AS 2024 di Paris, menyatakan bahwa ia ingin memenangkan medali emas untuk putranya, yang lahir di AS.

Selama Olimpiade, Embiid sering dicemooh oleh penggemar Prancis atas keputusannya bermain untuk Amerika Serikat. Dalam turnamen putra, Amerika Serikat berhasil memenangkan medali emas Olimpiade kelima berturut-turut. Embiid tidak menutup kemungkinan bermain untuk Kamerun di masa mendatang. Namun, ia memerlukan izin dari FIBA ??dan tim basket nasional putra Amerika Serikat untuk melakukannya pada tahun 2028. 

Joel Embiid menyampaikan rasa terima kasihnya kepada presiden dan semua yang hadir. Embiid adalah pemain NBA ketiga yang lahir di Kamerun dan merupakan pemain basket dengan draft tertinggi dalam NBA Draft 2014. (*)

Foto: forbes