Hangtuah Curi Kemenangan di Kandang Pacific!

Amartha Hangtuah Jakarta mencuri satu kemenangan di tur tandang Week 10 mereka, Minggu (5/5). Bertamu ke Pacific Caesar Surabaya, Hangtuah menang tipis 78-76. Hasil ini membuat Hangtuah pulang dengan rekor (1-1). Sebelumnya tim asuhan Andika Saputra kalah atas Kesatria Bengawan Solo. 

Laga berlangsung cukup sengit. Namun, keputusan Hangtuah menggunakan pertahanan zona di paruh kedua tampak menyulitkan Pacific yang akurasi tripoinnya sangat buruk. Pacific hanya menembak 22 persen (9/40) dari tripoin dan 7/14 dari tembakan gratis. 

Zoran Talley Jr. memimpin Hangtuah dengan dobel-dobel 22 poin, 12 rebound, dan 8 asis. Ron Delph juga dobel-dobel 18 poin dan 21 rebound. Gunawan memainkan peran penting dengan tambahan 10 poin. Separuh poin Gunawan datang di kuarter empat. 

“Kami memulai gim dengan tidak cukup baik,” buka Gunawan usai gim. “Namun kami bermain lebih disiplin di paruh kedua. Zone defense yang diminta pelatih kamu jalankan dengan sungguh-sungguh dan disiplin. Momentum berubah di situ dan kami bisa mengamankan kemenangan”. 

“Kami para pemain lokal berusaha memaksimalkan kesempatan semaksimal mungkin. Saya pribadi, jangan sampai kalau open shot tidak masuk. Kami harus bisa mendukung barisan asing yang sudah berupaya dengan baik. Kami jaga chemistry mereka supaya tim kami bisa terus lebih baik ke depannya,” pungkasnya. 

Memainkan laga keduanya, Keljin Blevins memimpin tim dengan 22 poin dan 6 rebound. Jaylyn Richardson menyusul dengan 19 poin, 8 rebound, 4 asis. Keduanya mengombinasikan 15/35 tembakan. Daffa Dhoifullah tampil solid dengan bantuan 10 poin, 7 rebound, plus 6 asis. 

“Ini gim yang seharusnya kami bisa menangkan. Kami hanya kalah satu tembakan di akhir. Sangat disayangkan,” buka John Purves, kepala pelatih Pacific. “Saat mereka bermain zone defense, kami semua tahu bahwa akan banyak celah di tripoin. Sayangnya kami menembak dengan sangat buruk. Babak kedua kami menembak tripoin 16 persen, secara keseluruhan hanya 22 persen. Ini yang harusnya kami manfaatkan dengan baik.”

“Kami juga kehilangan banyak poin dari tembakan gratis. Kami hanya memasukkan 7/14 tembakan gratis, kami harus lebih baik lagi. Namun, saya tidak akan menyalahkan siapa-siapa. Ini tanggung jawab saya sebagai pelatih,” tutupnya. 

Ini kekalahan ke-12 untuk Pacific dari 13 gim. Pacific juga belum menang di kandang. Hangtuah sendiri baru menang enam kali dari 13 laga. (DRMK)

Foto: IBL