PAY4D slot 1000

Giannis Bawa Yunani ke Olimpiade Pertama Sejak 2008

Giannis Antetokounmpo sekarang menjadi atlet Olimpiade. Dia berhasil mencapai tujuan penting dalam kariernya pada hari Minggu (7/7) waktu setempat, memimpin negara asalnya ke Olimpiade pertama dalam cabang bola basket putra sejak 2008. Yunani akhirnya mengalahkan Kroasia, 80-69, dalam Final Turnamen Kualifikasi Olimpiade (FIBA OQT) 2024, ??di Piraeus, Yunani.

Yunani mendapat tempat di Olimpiade Paris 2024. Sebelumnya, Yunani tampil di Olimpiade pada tahun 1952, 1996, 2004, dan 2008. Tim tahun 2004 secara otomatis menjadi peserta sebagai negara tuan rumah. Negara ini belum pernah memperoleh medali dalam cabang olahraga tersebut.

“Atlet terbaik di dunia berkompetisi di Olimpiade,” kata Antetokounmpo. “Kami tidak akan kehilangan apa pun. … Saya benar-benar yakin kami memiliki tim yang luar biasa dan kami dapat mencapai sesuatu yang istimewa.”

Bintang Milwaukee Bucks tersebut mencetak 23 poin dan memperoleh 8 rebound dalam 29 menit bermain. Georgios Papagiannis mencetak 19 poin untuk Yunani, yang mendapat 14 poin dari Nick Calathes dan memperoleh tempat di Olimpiade untuk pertama kalinya sejak 2008.

“Sangat menyenangkan bisa lolos kualifikasi karena itu langkah pertama,” kata Papagiannis. “Di Olimpiade, kami ingin melakukan sesuatu yang benar-benar bagus di sana.”

Ivica Zubac menyumbangkan 19 poin dan 13 rebound untuk Kroasia, yang masing-masing mendapat 15 poin dari Mateo Dreznjak dan Mario Hezonja serta 14 dari Dario Saric.

Sejak 1928, Yunani telah menjadi negara pertama dalam ajang Olimpiade yang membuka Olimpiade, sebuah penghormatan bagi sejarah kuno Yunani dengan kompetisi tersebut. Jika Antetokounmpo terpilih untuk membawa bendera Yunani, ia akan menjadi atlet kulit hitam pertama yang mewakili negaranya.

Yunani tergabung dalam Grup A Olimpiade, yang meliputi Australia, Kanada, dan Spanyol. Australia dan Kanada merupakan pesaing kuat untuk meraih medali karena menempati peringkat kelima dan ketujuh di dunia.

Yunani akan melawan Kanada pada 27 Juli dalam pertandingan grup pertamanya di Stadion Pierre Mauroy di Villeneuve-d’Ascq, Prancis. Mereka kemudian akan melawan Spanyol pada 30 Juli dan Australia pada 2 Agustus. Jika Yunani lolos, pertandingan perempat final akan dimulai pada 6 Agustus di Bercy Arena di Paris. Semifinal akan diadakan pada 8 Agustus dan pertandingan perebutan medali akan diadakan pada 10 Agustus. (*)

Foto: fiba.basketball