PAY4D slot 1000

Frank Selvy Tutup Usia, Pencetak 100 Poin di NCAA dan Legenda Lakers

Legenda basket perguruan tinggi (NCAA Division 1) dan NBA Franklin Delano Selvy atau yang juga dikenal sebagai Frank Selvy meninggal pada 14 Agustus 2024, waktu Amerika Serikat, di berusia 91 tahun. Selvy bermain di NBA dari tahun 1954 hingga 1964, termasuk saat Lakers masih bermarkas di Minneapolis. Ia kembali ke Furman University sebagai bagian dari staf pelatih hingga tahun 1970. 

Sebagian besar penggemar basket mungkin tidak mengenalnya, namun ada yang mungkin mengingatnya karena gagal melakukan tembakan yang membuat Lakers kehilangan gelar juara. 

Ia menjalani kehidupan yang tenang di Simpsonville bersama istrinya selama 65 tahun, Barbara, kedua anak mereka, Valerie Miros dan Mike Selvy, 11 cucu, dan tujuh cicit. Selvy meninggal dunia di rumahnya. Keluarganya dan departemen atletik Furman mengumumkan kematiannya. Penyebab kematiannya tidak diungkapkan. 

Pada tanggal 13 Februari 1954, pemain bertahan Furman University berhasil melakukan tembakan di waktu tersisa dua detik untuk mencetak poin ke-100-nya pada pertandingan tersebut. 70 tahun kemudian, rekor NCAA D1 itu tetap tidak terpecahkan. Rekor ini akan menjadi bagian dari warisan yang akan terus dikenang Frank Selvy. 

Selvy punya banyak kelebihan selain dari permainannya yang mencetak 100 poin. Namun, ceritanya akan berbeda jika ia berhasil. Pemain asli Kentucky itu bermimpi bermain di D1 di Kentucky, salah satu program terbaik di selatan saat itu.  

Selvy memiliki beberapa pertandingan dengan skor tinggi. Ia memimpin NCAA dalam hal perolehan skor, dengan rata-rata 41,7 poin dan telah memiliki 22 pertandingan dengan 40+ poin dalam karier kuliahnya. Hal itu membuatnya menjadi salah satu yang tak tertandingi bersama Pete Maravich yang juga memegang beberapa rekor pencetak skor tak terpecahkan di NCAA. Dan, keduanya mencapai hal ini beberapa dekade sebelum tembakan tripoin menjadi sesuatu yang populer.

Ia mencetak 100 poin sebagai senior, tetapi itu tidak disengaja. Pada tahun 2012, Selvy bahkan mengatakan itu bukan hal yang besar. Momen paling membanggakan baginya adalah dua tahun sebelum prestasi itu ketika ia memimpin Paladins meraih kemenangan atas Duke yang sangat difavoritkan. Meskipun ia meremehkan momen bersejarah itu, momen itu menjadi tonggak sejarah bagi basket NCAA selama beberapa dekade dan kariernya sendiri. Karena ia akan menjadi salah satu nama yang membuka jalan.

Beberapa penggemar mengakui bahwa mereka tidak menyadari keberadaan Selvy hingga ia pergi. Beberapa orang mengatakan bahwa ia bermain bersama Jerry West dan Elgin Baylor. Namun, itu adalah topik yang agak sensitif. Lakers berada di Final NBA 1962, tetapi Selvy bukanlah pencetak skor yang menakutkan setelah ia menjalani wajib militer. 

Di Gim 7, dengan beberapa detik tersisa, Lakers memiliki kesempatan untuk memenangkan gelar. Namun, Selvy gagal melakukan upaya yang menentukan itu dan Bill Russell dari Celtics mendapatkan rebound, mencetak skor, dan membawa Boston unggul 110-107 untuk memenangkan final 1962. (*)

Foto: Furham.edu