PAY4D slot 1000

Final IBL 2024: Pelita Jaya Ingin Membalas Satria Muda

Final IBL 2024 menyajikan duel klasik. Dua tim terbesar tanah air bentrok untuk perebutan gelar. Pelita Jaya Bakrie Jakarta dan Satria Muda Pertamina Jakarta kembali bertemu di laga puncak IBL 2024.

Gim 1 Final IBL 2024 berlangsung di Britama Arena, Jakarta pada Kamis (1/8) mendatang. Satria Muda mendapat satu kesempatan laga kandang karena mereka berstatus sebagai unggulan kelima.

Sedangkan dua gim berikutnya (jika diperlukan) akan dilaksanakan di kandang Pelita Jaya, yang menjadi unggulan kedua. Pelita Jaya memilih Indomilk Arena, Tangerang sebagai rumah di playoff tahun ini.

Pertemuan Pelita Jaya vs Satria Muda di Final IBL ini menjadi yang ketiga dalam empat tahun terakhir. Semua dimenangkan oleh Satria Muda. Kecuali tahun 2023 saat Satria Muda gagal lolos ke final.

“Kami ingin membalas kekalahan pada tahun 2016 silam. Saat itu saya bersama Pelita Jaya kalah di final. Saya rasa momen itu menjadi yang spesial bagi saya,” kata pemain Pelita Jaya Brandon Jawato dalam jumpa pers pada Selasa (30/7) di Senayan Park, Jakarta.

Pelita Jaya terakhir juara pada 2017. Mereka menekuk Satria Muda 2-1. Lima musim berlalu (kecuali 2020 tanpa liga), Pelita Jaya masuk final tiga kali. Tapi keberuntungan belum berpihak. Satria Muda selalu bermain lebih baik.

Pada IBL 2024, Pelita Jaya bermain habis-habisan. Mereka juga menjalani musim yang padat karena berlaga di Basketball Champions League (BCL) Asia. Pelita Jaya merekrut Justin Brownlee sebagai amunisi di musim ini.

Pelita Jaya mendominasi liga. Mereka menyelesaikan musim reguler dengan rekor 21-5. Hanya selisih satu kekalahan dari Dewa United Banten. Rekor Pelita Jaya juga mulus di playoff dengan menyapu bersih Bali United dan Prawira Harum Bandung.

“Kami tidak boleh lengah sedikit pun. Ini final. Siapa yang paling mau (juara), dia yang dapat. Kami sudah mempersiapkan semua. Kami lupakan tiga final yang lalu dan ini final baru buat kami,” imbuh Andakara Prastawa Dhyaksa. (rag)

Foto: IBL