PAY4D slot 1000

Charles Barkley Akan Pensiun dari Dunia Televisi Tahun Depan

Charles Barkley akan pensiun. Bukan sebagai pemain karena dia sudah melakukannya 24 tahun yang lalu. Tapi Barkley akan undur diri dari dunia penyiaran. NBA 2024-2025 akan menjadi musim terakhirnya sebagai analis pertandingan.

Sejak tahun 2000, Barkley menjadi analis NBA di Turner Network Television (TNT). Barkley menjadi bagian dari kru acara Inside the NBA bersama Shaquille O’Neal, Ernie Johnson Jr. dan Kenny Smith.

“Saya tidak akan pergi kemanapun selain TNT. Tetapi saya telah mengambil keputusan bahwa apapun yang terjadi, tahun depan akan menjadi musim terakhir saya di televisi. Saya hanya ingin mengucapkan terima kasih kepada keluarga besar NBA. Kami sangat baik. Hati saya dipenuhi oleh kegembiraan dan rasa syukur,” kata Barkley dalam NBA TV usai Gim 4 Final NBA 2024.

Perlu diketahui, NBA sedang menyelesaikan hak siar pada musim depan. Ada jaringan Disney/ABC/ESPN, Amazon, NBC, dan Warner Bros. Discovery yang bersaing. Mereka menginginkan tiga paket hak eksklusif yang dilaporkan bernilai 76 miliar juta dolar AS selama 10 tahun.

“Saya berharap NBA tetap bersama TNT. Secara pribadi ingin kalian mendengarnya langsung. Saya tidak akan pergi ke jaringan yang lain. Tetapi saya akan menyerahkan tongkat estafet kepada Jamal Crawford atau Vince Carter atau Steve (Smith),” ujar pria berusia 61 tahun itu.

“Tetapi tahun depan saya kan pensiun setelah 25 tahun. Saya hanya ingin mengucapkan terima kasih. Dan saya hanya ingin kalian mendengarnya dari saya terlebih dahulu,” kata MVP 1993 itu.

Barkley mengawali karier sebagai pilihan kelima NBA Draft 1984. Ia menghabiskan waktunya selama delapan tahun sebagai pemain Philadelphia 76ers. Kemudian pindah ke Phoenix Suns (1992-1996) dan Houston Rockets (1996-2000).

Selama 16 tahun sebagai pemain, Barkley masuk All-Star 11 kali dan menjadi MVP All-Star Games 1991. Nomor punggung 34 telah dipensiunkan oleh Sixers dan Suns. Tetapi Barkley tidak pernah menjadi juara NBA. Capaian terbaiknya adalah Final NBA 1993 dan kalah 4-2 dari Chicago Bulls yang memiliki Michael Jordan. Meski begitu, Barkley meraih dua emas Olimpiade pada tahun 1992 dan 1996. (rag)

Foto: Getty Images