PAY4D slot 1000

Brian Goorjian Berencana Mundur dari Timnas Australia

Perjalanan Tim Nasional Bola Basket Putra Australia Olimpiade 2024 Paris telah berakhir. Boomers kalah 95-90 dalam perpanjangan waktu melawan Serbia, dan tersingkir dari perempat final. Setelah itu, kepala pelatih Brian Goorjian berencana untuk mundur.

Entah bagaimana, Boomers benar-benar layak dipuji karena menunjukkan keberanian dan perjuangan dalam kekalahan dalam pertandingan yang sempat mereka pimpin dengan skor 24.

Mungkin itu menunjukkan ketidakstabilan tim ini, kesan bahwa tim ini tidak pernah dibangun di atas landasan yang kokoh. Terlalu banyak serangan yang diberikan kepada tembakan Patty Mills atau improvisasi Giddey, atau kegigihan Jock Landale.

Ketika mereka membutuhkan opsi permainan yang andal di momen-momen penting, mereka cenderung bermain bebas dan panik. Itu mungkin kritik yang harus ditujukan kepada pelatih Brian Goorjian, dan sesuatu yang harus segera ditangani oleh pelatih Australia berikutnya.

The Boomers datang ke Olimpiade ini dengan harapan menjadi tim bertahan terbaik, tetapi terlalu sering kebobolan poin yang merugikan. Mereka kehilangan rebound ofensif di saat-saat kritis dan tidak dapat menahan ancaman perimeter dengan cukup baik.

Pemilihan skuad ini menjadi berita utama saat diumumkan, jadi bukan hanya sekadar melihat ke belakang bahwa Matisse Thybulle dapat membuat perbedaan bagi tim ini. Mencoba menciptakan unit pertahanan elit sambil meninggalkan bek terbaik Anda di rumah tidak masuk akal saat itu, dan mungkin tidak akan pernah masuk akal.

“Sudah saatnya untuk menjauh (dari Boomers),” ujar Brian Goorjian yang mengumumkan bahwa ia akan meninggalkan perannya sebagai pelatih kepala Boomers setelah tersingkir di perempat final Olimpiade. 

Sementara itu, kabar ini dikuatkan dengan cuitan Olgun Uluc dari ESPN yang menulis, “berakhirlah masa jabatan kedua Brian Goorjian sebagai pelatih kepala Australian Boomers. Sejak Goorjian kembali mengambil alih, Boomers telah meraih medali Perunggu Olimpiade (Tokyo 2020), finis di posisi ke-10 pada FIBA Basketball World Cup2023, dan kalah di babak perempat final Olimpiade Paris ini.”

“Saya merasa bangga atas kontribusi saya selama 16 tahun terlibat dengan Boomers,” ujar Goorjian, yang telah mengisyaratkan selama lebih dari setahun bahwa Paris 2024 akan menjadi tugas terakhirnya bersama Boomers.

Foto: fiba.basketball

Setelah masa jabatan Phil Smyth kurang dari satu tahun sebagai pelatih Australian Boomers pada tahun 2001 yang mengakibatkan tim tersebut secara mengejutkan tidak lolos ke FIBA World Championship 2002 (sekarang FIBA Basketball World Cup), Goorjian diangkat sebagai pelatih pada akhir tahun 2001 ketika Smyth mengundurkan diri dan akan memegang jabatan tersebut hingga tahun 2008. 

Dengan menjadi pelatih Boomers, Goorjian merupakan pelatih kelahiran luar negeri pertama yang masuk ke dalam tim tersebut sepanjang sejarahnya. Di bawah asuhannya, Boomers lolos ke Olimpiade Athena 2004, di mana mereka finis di peringkat kesembilan, turun lima peringkat dari posisi mereka pada tahun 2000. Di Olimpiade Beijing 2008, Boomers meningkatkan peringkat mereka hingga finis di peringkat ke-7. 

Pada bulan November 2020, Goorjian kembali sebagai pelatih kepala tim bola basket nasional putra Australia untuk Olimpiade 2020 di mana tim tersebut memenangkan medali perunggu dan medali pertama Australia dalam bola basket putra Olimpiade. (*)’

Foto: fiba.basketball