PAY4D slot 1000

Berapa Bayaran Tim AS di Olimpiade Paris 2024?

Beberapa waktu lalu, mainbasket.com mengulas tentang berapa harga Tim AS, jika mereka dimainkan di NBA. Jumlah uang yang fantastis, dan mengalahkan penguaran tiga tim NBA jika disatukan. Namun yang lebih membuat penasaran, sebenarnya berapa bayaran LeBron James dan kawan-kawan ketika mereka bermain di Olimpiade Paris 2024. 

Apakah para pemain ini dibayar lebih banyak untuk mewakili negara mereka? Jawabannya tidak. Para pemain basket Tim AS tidak dibayar untuk bermain di Olimpiade, baik oleh NBA, klub NBA, Komite Olimpiade Internasional, atau Komite Olimpiade dan Paralimpiade AS (USOPC). Mereka hanya mendapatkan tunjangan untuk menutupi pengeluaran selama di Paris. 

Tetapi ada pemasukan lain yang tidak terduga. Para pemain, khususnya yang memiliki kontrak dengan merek sepatu, akan mendapatkan bonus. Baik itu Nike, Under Armour, adidas, dan lainnya, mereka punya klausul kontrak bonus pertandingan jika para atletnya tampil di Olimpiade. Bocorannya, LeBron, Kevin Durant, dan Stephen Curry mendapatkan bonus 600 ribu dolar Amerika per pertandingan. Jumlah tersebut bisa dikalikan enam pertandingan, jika Tim AS bisa tampil hingga babak final. 

Perusahaan sepatu memiliki bonus dalam perjanjian pemain basket mereka, karena partisipasi Olimpiade menempatkan merek mereka dalam skala global. Nike menghasilkan 58 persen pendapatannya di luar Amerika Utara, sementara adidas 76 persen dan Under Armour 39 persen. Pemain dengan sepatu khas juga dapat memperoleh keuntungan dari peningkatan penjualan, karena mereka berhak atas royalti. 

Tapi jangan salah, setiap negara tetap punya kebijakan untuk bonus medali. Sama seperti atlet-atlet cabang olahraga lain, besaran bonus yang diterima pemain basket sama. Kanada memberikan bonus senilai 14.400 dolar Amerika kepada atlet untuk setiap medali emas yang dimenangkan. Sementara Amerika Serikat memberikan 37.500 dolar Amerika untuk peraih medali emas, kemudian medali perak 22.500 dolar Amerika, dan perunggu 15.000 dolar Amerika. Serbia, yang tim basketnya dipimpin oleh tiga kali MVP NBA Nikola Jokic, memiliki salah satu bonus medali emas terbesar di Olimpiade kali ini, yaitu senilai 215.000 dolar Amerika Serikat. (*)

Foto: Liberty Ballers