Victor Valdes Menyesal Pernah Jadi Kiper

0
29
dinasty-poker

Victor Valdes Menyesal Pernah Jadi Kiper

Debatbola.com – Ketika Barcelona merajai sepakbola Eropa beberapa tahun lalu, Victor Valdes adalah kiper utama Blaugrana. Total dua 12 musim berkarier profesional di Barca, 21 gelar berhasil diraih oleh kiper berkepala plontos ini.

Tak hanya di Barca, di Tim Nasional Spanyol pun ia terbilang sukses. Meski di bawah bayang-bayang kiper Real Madrid, Iker Casillas, Valdes tetap tercatat sebagai bagian dari skuad Timnas Spanyol yang meraih gelar juara Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2012.

Meski begitu, Valdes ternyata tak terlalu menikmati kariernya sebagai penjaga gawang. Bahkan ia membeberkan bahwa dirinya tak ingin jadi kiper jika diberikan pilihan untuk terlahir kembali. Terlalu banyak penderitaan, katanya.

“Jika aku terlahir kembali, aku takkan jadi kiper,” ungkap Victor Valdes dilansir oleh Marca. “Itu bukanlah jalan yang mudah dan tidak memberiku ganjaran yang cukup atas penderitaan bertahun-tahun.”

“Ada hari-hari di mana aku enggan berada di sana. Aku bermain karena banyak orang yang meyakinkanku semasa masih muda sehingga aku menerima jalan tersebut.”

Valdes sendiri merasa tak pantas jika dirinya mendapatkan sanjungan berlebihan ketika timnya berhasil menjuarai sesuatu. Buatnya, sepakbola ada permainan tim, dan dirinya tidak akan bisa meraih banyak gelar hanya dengan kemampuan dirina sendiri.

“Aku tak suka ketenaran. Aku tidak nyaman ketika mereka memberiku sanjungan yang teramat tinggi, apalagi karena itu bukanlah semata kontribusiku. Sepakbola adalah sebuah permainan tim.”

Valdes dipecat Barcelona pada musim 2014 karena enggan memperpanjang kontrak. Ia lantas memutuskan hengkang ke Manchester United. Tapi selama dua musim di sana ia tak banyak bermain karena cedera lutut yang dideritanya. Hanya dua laga saja yang dicatatakan Valdes bersama MU.

Valdes sempat dipinjamkan ke Standard Liege dan bermain untuk Middlesbrough sebelum menyatakan pensiun pada 2017. Tapi kariernya berlanjut sebagai pelatih, di mana kini ia melatih tim muda Barcelona.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here