Tradisi Pemain Dortmund Usai Menangi Derby 4-0 Atas Schalke

0
41
Tradisi Pemain Dortmund Usai Menangi Derby 4-0 Atas Schalke
dinasty-poker

Tradisi Pemain Dortmund Usai Menangi Derby 4-0 Atas Schalke

Gilabola.com – Pemain Borussia Dortmund tetap menghargai tradisi turun temurun mereka usai menang 4-0 atas Schalke 04 pada hari Sabtu (16/5) malam. Tradisi apa?

Sudah menjadi tradisi dari para pemain Dortmund, entah menang atau kalah, untuk bertepuk tangan bagi pendukung setia mereka, terutama di tribun selatan yang legendaris itu, dengan 25.000 penonton berdiri selama hampir dua jam atau lebih untuk mendukung tim kesayangan mereka.

Liga Jerman dilanjutkan pada akhir pekan ini tanpa kehadiran 80.000 penonton yang biasanya memadati Signal Iduna Park. Dortmund menang 4-0 atas lawan berat mereka di Revierderby, Schalke 04. Dua gol dicetak oleh bek Portugal Raphael Guerreiro dan satu gol masing-masing oleh Erling Haaland dan Thorgan Hazard.

Meski tidak ada yang menonton tapi para pemain Dortmund tetap menghargai tradisi. Usai pertandingan secara spontan mereka berdiri berjajar, tak bisa saling berpegangan tangan karena larangan protokol kesehatan, untuk bertepuk tangan di sisi selatan Westfalenstadion, di hadapan tangga-tangga kosong tribun berdiri yang bisa menampung sampai 25 ribu manusia.

Inilah The Yellow Wall yang terkenal itu. Dalam kondisi normal, Südtribüne tersebut berisi para pendukung tuan rumah. Jumlahnya bisa sebanyak itu, nyaris menyamai jumlah penonton sebuah stadion kecil, karena itu adalah tribun berdiri dari bawah sampai ke atas, sama sekali tidak berisi tempat duduk. Hanya tangga-tangga curam dan besi-besi sebagai pengaman agar manusia tidak terjatuh ke platform di bawahnya. Dengan 25.000 penonton berteriak di sana, bayangkanlah betapa kontrasnya suasana pertandingan Dortmund vs Schalke pada hari Sabtu malam, yang nihil penonton.

Dengan skor 4-0 dan Guerreiro mencetak dua gol, sulit menetapkan siapa pemain bintang tadi malam. Tapi pemain yang tahun 2019 lalu menjadi target transfer Liverpool, Julian Brandt, menyumbangkan dua assist untuk gol kedua dan ketiga, serta ikut serta sebelum terjadinya assist untuk gol pertama.

Brandt sendiri mengakui bahwa ada perbedaan yang jelas antara suara gemuruh dari tribun selatan saat mereka merayakan gol-golnya, dibandingkan dengan suasana senyap karena larangan penonton di stadion-stadion Jerman. Dengan kemenangan 4-0 ini maka BVB hanya selisih satu poin saja di bawah Bayern Munchen, yang baru akan bertanding besok di kandang Union Berlin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here