Skenario Gila, Liverpool Jadi Juara Liga Champions Sampai Tahun Depan

0
34
Skenario Gila, Liverpool Jadi Juara Liga Champions Sampai Tahun Depan
dinasty-poker

Skenario Gila, Liverpool Jadi Juara Liga Champions Sampai Tahun Depan

Sebuah skenario gila akan menjadikan Liverpool masih berstatus sebagai juara bertahan Liga Champions sampai tahun depan, 2021. Dua tahun jadi juara Eropa! Begini ceritanya.

Dengan liga domestik tidak bisa dilanjutkan dalam waktu dekat maka Liga Champions dan Liga Europa musim ini kemungkinan juga bisa dibatalkan karena ketiadaan waktu. Jika itu terjadi maka Liverpool yang kemarin disisihkan oleh Atletico Madrid pada babak 16 besar, akan tetap menjadi juara bertahan Champions League sampai 2021.

Liverpool tetap jadi juara merupakan salah satu skenario gila yang muncul dari konsekuensi rapat virtual UEFA dengan 55 asosiasi anggota mereka, kemarin. Pada rapat itu ditegaskan bahwa Liga Champions dan Liga Europa akan ditunda “tanpa batas waktu”, dengan prioritas saat ini adalah menyelesaikan liga-liga domestik para anggotanya sampai akhir Juni.

Ada tiga plan UEFA untuk memulai kompetisi Champions League, bulan Mei, awal Juni dan akhir Juni. Tetapi jika sampai akhir Juni tidak ada perbaikan dari situasi wabah yang tengah melanda Eropa, Amerika dan seluruh dunia saat ini maka ada kemungkinan bahwa dua kompetisi klub UEFA itu dibatalkan. Jika itu terjadi maka Liverpool tetap menjadi juara bertahan Liga Champions selama dua tahun sampai 2021.

UEFA telah membatalkan semua laga-laga internasional pada bulan Juni, termasuk pertandingan play-off untuk Euro 2020 – dengan kompetisi itu telah diundur ke tahun 2021 – bersamaan dengan pertandingan kualifikasi untuk Euro Wanita 2021. Prospek membatalkan kompetisi untuk pertama kalinya dalam sejarah akan menjadi pukulan telak bagi UEFA dan membuat mereka kehilangan trilyunan rupiah pendapatan.

Keputusan untuk menunda kompetisi Liga Champions dan Liga Europa tanpa batas waktu dibuat kemarin setelah pertemuan teleconference dengan 55 anggota asosiasi UEFA. Liga Inggris rencananya akan dimulai lagi pada 30 April, tetapi tenggat waktu ini kemungkinan besar akan mundur lebih jauh lagi dalam beberapa minggu mendatang.

Klub Liga Inggris Manchester City dan Chelsea sama-sama masih berada di Liga Champions, sementara Manchester United, Wolves, dan Rangers dari Skotlandia semuanya masih berkompetisi di Liga Europa. Final Liga Champions, Liga Europa dan Liga Champions Wanita, yang semuanya dijadwalkan pada bulan Mei, telah ditunda.

Jika memungkinkan, UEFA masih bersedia menggelar semifinal dan final kompetisi Eropa itu pada bulan Agustus, tetapi ingin memprioritaskan liga-liga domestik untuk diselesaikan – tidak peduli berapa lama ini berlangsung.

Final Liga Champions dijadwalkan berlangsung di Istanbul Turki pada 30 Mei, dengan final Liga Europa dijadwalkan tiga hari sebelumnya di Gdansk, Polandia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here