Ronaldo Jarang Eksekutor Tendangan Bebas, Inilah Alasannya

0
26
Ronaldo Jarang Eksekutor Tendangan Bebas, Inilah Alasannya
dinasty-poker

Ronaldo Jarang Eksekutor Tendangan Bebas, Inilah Alasannya

Gilabola.com – Sudah sejak beberapa musim terakhir Cristiano Ronaldo jarang menjadi eksekutor tendangan bebas di Real Madrid dan Juventus. Beginilah alasannya.

Dulu saat masih merumput di Manchester United, Ronaldo hampir selalu menjadi eksekutor tendangan bebas. Demikian juga setelahnya saat pindah ke Real Madrid, Ronaldo masih menjadi pilihan pertama setiap kali tersedia free kick untuk Los Blancos. Tapi sejak final Piala Dunia Antar Klub tahun 2017, sang pemain Portugal sudah jarang sekali mengambil kesempatan itu.

Data memperlihatkan bahwa sejak 2014, Ronaldo mengambil 174 kali percobaan tendangan bebas tapi hanya berhasil melesakkan bola dalam sembilan kesempatan. Rate kesuksesannya hanya 5%, dan maaf saja, ini merupakan peringkat terburuk dari semua eksekutor tendangan bebas yang pernah mengambil setidaknya lima kali.

Dalam analisa Dr Rajpal Brar, seperti dikutip oleh GiveMeSport.com, dari tiga aspek dalam setiap free kick yang diambil oleh pemain bola asal Portugal tersebut, ada dua komponen hilang: kemampuan mengangkat bola di atas dinding manusia, serta kemampuan melepaskan gerakan mengejutkan yang tak diduga lawan. Kedua hal itu hilang dari aksi rutinnya mengambil tendangan bebas. Hanya satu yang belum hilang: power atau kekuatan dalam menendang bola.

Apa yang kemudian terlihat oleh Dr Rajpal Brar adalah, penurunan performa Ronaldo dalam hal eksekusi tendangan bebas terjadi bersamaan dengan seringnya ia mengalami cedera pada tubuh bagian bawah. Lihat daftar di bawah ini. Anda bisa melihat sejumlah kebetulan antara penurunan performanya dalam mengambil free kick dengan fakta seringnya ia terkena cedera pada tubuh bagian bawah: kaki, lutut, pergelangan kaki dan seterusnya.

Ronaldo Bukan Lagi Eksekutor Tendangan Bebas, Inilah Alasannya

Salah satu saran yang diajukan kepada sang penyerang Juventus adalah mengambil sedikit jeda, guna mengembalikan kepercayaan diri dan tidak berlebihan memikirkan kegagalannya. Sebab kini dengan hanya 30 gol dari 48 pertandingan, dan tak satu pun dari tendangan bebas, Ronaldo sudah menjadi eksekutor kedua terburuk dalam sejarah Liga Italia.

Dari 18 percobaan free kick tanpa gol, Ronaldo hanya kalah dari Camillo Ciano, pemain Frosinone musim lalu, yang mencoba 21 kali tendangan bebas tanpa gol. Jika data itu digabungkan dengan kompetisi Liga Champions maka angkanya menjadi 24 kali tendangan bebas tanpa mengukir gol. Sebenarnya ia hanya selisih dua-tiga centimeter saja dari kesuksesan karena 15 dari 24 kegagalan itu berakhir dengan menghantam tiang atau mistar gawang, tujuh sisanya berhasil diselamatkan penjaga gawang lawan dan dua kali meleset sama sekali dari sasaran. Tidak terlalu buruk, hanya kurang hoki saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here