Persipura Bungkam Persebaya di GBT 3-4, Thiago Amaral dan M Tahir Aktornya

0
34
Persipura Bungkam Persebaya di GBT 3-4, Thiago Amaral dan M Tahir Aktornya
dinasty-poker

Persipura Bungkam Persebaya di GBT 3-4, Thiago Amaral dan M Tahir Aktornya

Gilabola.com – Persipura berhasil meraih kemenangan 3-4 atas tuan rumah Persebaya di Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat (13/3/2020) malam WIB. Dalam lanjutan Shopee Liga 1 pekan ke 3 itu, kemenangan Mutiara Hitam lewat sepasang gol Thiago Amaral, M Tahir dan gol penutup dicetak oleh Ferry Pahabol.

Sedangkan gol-gol Bajul Ijo lewat David Da Silva, Mahmoud Eid dan Rendi Irwan. Hasil kemenangan yang diraih anak-anak Papua, maka kini menempatkan mereka di peringkat ke 3 klasemen sementara dengan raihan 6 poin.

Sementara kekalahan yang di dapat asuhan Aji Santoso membuat mereka saat ini berada di peringkat 16 dengan hanya mampu mengoleksi 1 poin.

Nah dibawah ini merupakan ulasan jalannya pertandingan dan peluang-peluang yang tercipta.

 

Hasil Pertandingan Persebaya vs Persipura 

Babak Pertama 

Sejak menit awal Persebaya memberikan tekanan untuk Persipura. Hasilnya di menit ke 8 tuan rumah mendapatkan hadiah penalti usai David Silva dijatuhkan dikotak terlarang oleh David Rumekek. Namun sayangnya Silva yang mengambil tendangan justru gagal menjalankan tugasnya. Hal ini disebabkan Dede Sulaiman berhasil menepisnya dengan baik.

Usai gagal ternyata, tuan rumah memberikan tekenan demi tekenan ke jantung pertahanan klub asal Papua tersebut. Namu sayangnya serangan yang dimotori Irfan Jaya masih gagal menjadikan sebuah gol. Pada menit ke 14 tim tamu melakukan pergantian pemain, dimana menarik Boaz Salossa yang mengalami masalah pada kakinya dan memasukan pemain muda, Kristof Yoku.

Usai terus ditekan pada menit ke 17 Persipura mendapatkan peluang lewat tendangan bebas melalui M Tahir. Namun bola masih menyamping di tiang gawang. Bahkan di menit ke 20 lagi-lagi mempunyai peluang yang sama dan kali ini Thiago Amaral yang mengambil tendangan tersebut berhasil menjalankan tugasnya dengan baik. Dimana ia melepaskan tendangan yang indah mengarah ke gawang Mokodompit.

Selepas gol tersebut Bajul Ijo mencoba memberikan respon dengan memberikan tekanan dan Irfan Jaya melepaskan tendangan mengarah ke gawang. Namun Dede Sulaiman dengan lengket menangkapnya. Memasuki menit ke 33 Rumekek diganjar kartu kuning usai melanggar keras Mahmoud Eid.

Akan tetapi usai terus ditekan, Persipura kembali unggul 0-2 lewat serangan balik. Amaral lagi-lagi berhasil mencatatkannya namanya di papan skor pada menit ke 34 usai dirinya mendapatkan umpan matang dari Gunansar Mandowen. Setelah melihat timnya tertinggal, Pelatih Aji Santoso melakukan perubahan. Dimana memasukan Rendi Saputra dan menarik keluar Ricky Kambuaya di menit ke 37.

Namun setelah gol tersebut, Persebaya kembali memberikan respon. Hasilnya Silva yang gagal mengeksekusi penalti tadi berhasil membayarnya dengan mencetak gol di menit ke 43 usai dirinya mendapatkan umpan matang dari Eid.

Hingga wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya babak pertama usai, tak ada lagi gol yang tercipta. Dimana skor 1-2 keunggulan untuk Persipura.

 

Babak Kedua 

Memasuki jalannya babak kedua, baik Persebaya dan Persipura saling menekan dengan permainan tempo yang tinggi. Hasilnya di menit ke 51 Muhamad Tahir berhasil mencetak gol usai mendapatkan umpan dari Amaral. Bahkan usai gol ketiga, Mutiara Hitam terus mengacak-acak jantung pertahanan Bajul Ijo lewat trio Amaral, Mandowen dan Tahir.

Usai tertinggal, tuan rumah melakukan pergantian pemain. Dimana Persebaya memasukan Patrick Wanggai dan menarik keluar David Da Silva di menit ke 61. Masuknya eks Persipura itu terlihat memberikan angin segar. Pasalnya serangan kembali hidup yang di motori oleh Makan Konate.

Tak mau kalah, Jackson F Tiago pun juga memasukan pemain bertipe penyerang, Ferry Pahabol menggantikan Kristof Yoku pada menit ke 66. Benar saja kali ini Persipura yang menekan. Dimana mereka mempunyai peluang lewat Pahabol, tapi tendangannya  masih mengenai mengenai mistar gawang atas dan memantul ke bawah.

Bahkan anak-anak Papua kembali mengancam lewat Amaral. Tapi tendangannya masih mampu di tepis oleh Mokodompit. Usai itu tuan rumah kembali melakukan penyegaran di lini depan, dimana memasukan Oktiafianus Fernando menggantikan peran Irfan Jaya di menit ke 73. Menariknya selang pergantian lewat serangan cepat, Mahmoud Eid berhasil mencetak gol menit ke 74.

Laga semakin seru usai gol tersebut. Dimana Bajul Ijo terus memborbadir lini belakang klub asal Papua. Bahkan Patrick Wanggai mempunyai peluang emas di depan gawang, tapi sayangnya masih mampu digagalkan Dede Sulaiman.

Terus ditekan, Jackson Tiago melakukan pergantian pemain. Dimana memasukan Emmanuel Rumbiak dan menggantikan Doni Monim yang alami cedera di menit ke 79.  Jelang berakhirnya pertandingan suhu permainan kian panas. Dimana Hansamu harus diganjar kartu kuning usai menghentikan keras laju Lukas Mandowen di menit ke 84. Selang dua menit kemudian kali ini Tahir yang diganjar kartu kuning usai melanggar keras pemain Persebaya.

Bahkan permainan kedua tim kian menarik dan benar saja, Persipura kembali memperbesar ke unggulan di menit ke 88. Dan kali ini lewat Pahabol yang masuk pemain pengganti. Namun gol kembali tercipta lewat Rendi Irwan di menit ke 90.

Dan hingga laga usai tak ada lagi gol yang tercipta. Dimana Persipura berhasil menang 3-4 atas tuan rumah Persebaya.

 

Susunan Pemain Persebaya vs Persipura 

Persebaya (4-3-3 ) Rivky Mokodompit, Hansamu Yama, Koko Arya, Rizky Ramadhani, Maka Konate, Aryn Williams, Ricky Kambuaya, Mahmoud Eid, David Silva, Alwi Slamet, Irfan Jaya.

Pelatih : Aji Santoso 

Persipura (4-2-3-1) Dede Sulaiman, Yustinus Pae, Israel Wamiau, David Rumekek, M Tahir, Donni Monim, Takuya Matsunaga, Thiago Amaral, Gunansar Mandowen, Todd Ferre, Boaz Salossa.

Pelatih : Jackson Tiago

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here