Ederson Moraes Awali Karier Sebagai Bek Kiri

0
22
dinasty-poker

Ederson Moraes Awali Karier Sebagai Bek Kiri

Debatbola.com – Tak bisa dimungkiri bahwa saat ini Ederson Moraes merupakan salah satu penjaga gawang terbaik di dunia. Pemain berusia 26 tahun itu sudah meraih delapan gelar bersama Manchester City yang dibelanya sejak tiga tahun lalu.

Ederson juga saat ini merupakan penggawa Tim Nasional Brasil. Namun ia masih kalah saing dari kiper Liverpool, Alisson Becker.

Kelebihan Ederson di bawah mistar adalah selain kemampuannya menghalau dan membendung bola yang hendak membobol gawangnya, adalah kemampuannya dalam membangun serangan. Baik operan jarak dekat maupun jarak jauhnya terbilang akurat untuk seorang kiper. Bukan sekali dua kali ia mencetak asis untuk gol Man City.

Kelebihannya itu tak lepas dari pengalaman bermainnya yang pernah menempati posisi bek kiri sebelum menjadi kiper. Salah satu alasan Ederson pindah posisi ke bawah mistar sendiri terbilang unik, di mana ia merasa tak sanggup untuk berlari kencang.

“Bermain sebagai bek sayap kiri itu tak mudah. Aku tak suka lari kencang untuk maju-mundur,” ujar Ederson dalam wawancaranya bersama Four Four Two. “Ketika itu di sesi latihan, menjadi kiper bagaikan cinta pada pandangan pertamaku.”

Ederson mengaku bahwa keputusannya menjadi kiper itu merupakan keputusannya sendiri dan dirinya sendiri yang memintanya langsung pada pelatih. Maka dari itu setelah merasakan ‘kenikmatan’ sebagai penjaga gawang, ia terus menempa dirinya dengan keras agar bisa menjadi kiper hebat.

“Sejak pertama kali jadi kiper, aku terus belajar. Syukurlah aku bisa berkembang di posisi ini.” 

Ederson memulai karier di kesebelasan besar Brasil, Sao Paulo. Benfica adalah kesebelasan yang membawanya ke Eropa. Sempat bermain untuk Ribeiro dan Rio Ave, Benfica menjual Ederson ke Man City dengan nilai transfer 40 juta euro pada 2017. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here