Data dan Fakta Liga Champions: Manchester United vs Barcelona

0
24
prediksi-champion5
dinasty-poker

Beritabola99.com – Manchester United akan menjamu Barcelona di leg pertama babak perempat final Liga Champions 2018/19, Kamis (11/4). Berikut beberapa data dan fakta yang melatarbelakangi pertandingan di Old Trafford ini.

Dua pertemuan terakhir United dan Barcelona di Liga Champions semuanya tersaji di partai final, yakni tahun 2009 dan 2011. Barcelona memenangi keduanya: 2-0 di Roma pada 2009 dan 3-1 di London pada 2011. Lionel Messi selalu menyumbang satu gol untuk Barcelona dalam dua laga melawan United tersebut.

Terakhir kali United berhadapan dengan Barcelona di partai dua leg adalah di semifinal Liga Champions 2008. United menahan imbang Barcelona 0-0 di Camp Nou pada leg pertama, kemudian lolos dengan kemenangan 1-0 lewat gol tunggal Paul Scholes di Old Trafford pada leg kedua.

Dalam 11 pertemuan sebelumnya, United menang tiga kali dan Barcelona menang empat kali, sedangkan empat laga lain berkesudahan imbang. United mencetak 15 gol, sedangkan Barcelona mencetak 20 gol.

United belum pernah kalah di kandang sendiri melawan Barcelona (M2 S2 K0).

Barcelona memberi United kekalahan terbesar mereka di Liga Champions ketika menekuk Red Devils 4-0 di fase grup musim 1994/95. Barcelona memenangi laga di Camp Nou lewat gol-gol Hristo Stoichkov (2), Romario dan Albert Ferrer.

Pencetak gol terbanyak United di Liga Champions musim ini: Romelu Lukaku, Paul Pogba, Marcus Rashford (masing-masing 2).

Pencetak gol terbanyak Barcelona di Liga Champions musim ini: Lionel Messi (8).

Manchester United

Rekor United di babak perempat final European Cup/Liga Champions adalah lolos 12 kali dan tersingkir enam kali (M12 K6).

Dalam penampilan terakhirnya di perempat final Liga Champions, pada musim 2013/14, United disingkirkan Bayern Munchen dengan agregat 2-4 (1-1 kandang, 1-3 tandang).

Terakhir kali United lolos dari perempat final Liga Champions adalah ketika melawan Chelsea pada musim 2010/11. United lolos dengan agregat 3-1 (1-0 tandang, 2-1 kandang).

United sudah menghadapi tim asal Spanyol di Liga Champions musim ini, yakni Valencia di fase grup. Mereka bermain imbang 0-0 di Old Trafford dan kalah 1-2 di Mestalla.

United hanya menang dua kali dalam 15 laga terakhirnya melawan tim-tim Spanyol (M2 S6 K7).

United tanpa kemenangan dalam enam laga terakhirnya melawan tim-tim Spanyol (M0 S3 K3).

United juga hanya menang sekali dalam delapan laga terakhirnya melawan tim-tim Spanyol di Old Trafford (M1 S4 K3).

Musim lalu, kiprah United di Liga Champions dihentikan oleh tim asal Spanyol, yakni Sevilla di babak 16 besar. Mereka imbang 0-0 di Spanyol pada leg pertama, kemudian kalah 1-2 di Old Trafford pada leg kedua.

Rekor United dalam partai dua leg melawan tim-tim Spanyol adalah M6 K8.

United kalah dua kali dan hanya menang sekali dalam empat laga kandang yang sudah mereka mainkan di Liga Champions musim ini. Mereka kalah 0-1 menjamu Juventus di fase grup, kemudian kalah 0-2 menjamu PSG di babak 16 besar leg pertama.

United hanya kalah enam kali dalam 28 laga terakhirnya di Eropa, kandang dan tandang (M17 S5 K6).

Penampilan Ashley Young yang berikut akan menjadi penampilannya yang ke-50 di kompetisi klub UEFA.

United kalah tiga kali dan hanya menang sekali dalam empat laga terakhirnya di semua kompetisi (M1 S0 K3).

United hanya kalah sekali dalam 14 laga kandang terakhirnya di semua kompetisi (M9 S4 K1).

Paul Pogba adalah salah satu pencetak gol terbanyak United di Liga Champions musim ini (2 gol). Namun Pogba tak mencetak satu gol pun dalam tujuh penampilan terakhirnya untuk United di semua kompetisi.

Skorsing: Tidak ada.

Absen di laga berikutnya jika mendapatkan kartu kuning di laga ini: Ander Herrera, Nemanja Matic, Luke Shaw, Antonio Valencia, Ashley Young.

Barcelona

Rekor Barcelona di babak perempat final European Cup/Liga Champions adalah lolos 14 kali dan tersingkir enam kali (M14 K6).

Musim lalu, Barcelona dikandaskan AS Roma di babak perempat final meski menang 4-1 di Camp Nou pada leg pertama. Barcelona tersingkir lewat gol tandang setelah kalah 0-3 pada leg kedua di Italia.

Tiga penampilan terakhir Barcelona di perempat final kompetisi ini selalu berbuah kegagalan. Sebelum disingkirkan AS Roma, Barcelona juga dieliminasi Juventus (agregat 0-3) pada musim 2016/17 dan Atletico Madrid (agregat 2-3) pada musim 2015/16.

Terakhir kali Barcelona lolos dari babak perempat final adalah ketika melawan PSG pada musim 2014/15. Barcelona menang agregat 5-1 (3-1 tandang, 2-0 kandang).

Terakhir kali Barcelona berhadapan dengan tim Inggris di perempat final Liga Champions adalah melawan Arsenal pada musim 2009/10. Dua gol Zlatan Ibrahimovic membawa Barcelona meraih hasil imbang 2-2 pada leg pertama di Inggris. Pada leg kedua di Camp Nou, Barcelona menang 4-1 lewat empat gol Lionel Messi dan lolos dengan agregat 6-3.

Barcelona sudah menghadapi tim Inggris di Liga Champions musim ini, yakni Tottenham di fase grup. Barcelona menang 4-2 di Inggris lewat gol-gol Philippe Coutinho dan Ivan Rakitic serta brace Lionel Messi. Laga di Camp Nou berkesudahan 1-1.

Barcelona menang sembilan kali dan hanya kalah sekali dalam 13 laga terakhirnya melawan tim-tim Inggris (M9 S3 K1).

Barcelona hanya kalah sekali dalam 19 laga terakhirnya di Liga Champions (M11 S7 K1).

Barcelona tanpa kemenangan dalam enam laga tandang terakhirnya di fase knockout kompetisi Eropa (M0 S2 K4), hanya mencetak satu gol.

Penampilan Ivan Rakitic berikutnya akan menjadi penampilannya yang ke-100 di kompetisi klub UEFA.

Lionel Messi, bersama Robert Lewandowski (Bayern Munchen), adalah top scorer sementara Liga Champions musim ini dengan torehan delapan gol.

Barcelona tak terkalahkan dalam 16 laga terakhirnya di semua kompetisi (M11 S5 K0).

Barcelona tak terkalahkan dalam delapan laga tandang terakhirnya di semua kompetisi (M5 S3 K0). Barcelona juga hanya kalah tiga kali dalam 23 laga tandang yang sudah mereka mainkan di semua kompetisi musim ini (M14 S6 K3).

Barcelona mencatatkan tujuh clean sheet dalam 12 laga terakhirnya di semua kompetisi.

Luis Suarez mencetak tujuh gol dalam sembilan penampilan terakhirnya untuk Barcelona di semua kompetisi.

Lionel Messi selalu menyumbang gol dan/atau assist dalam enam penampilan terakhirnya untuk Barcelona di semua kompetisi (10 gol, 3 assist).

Lionel Messi sudah mencetak 43 gol dalam 40 penampilan untuk Barcelona di semua kompetisi musim ini.

Skorsing: Tidak ada.

Absen di laga berikutnya jika mendapatkan kartu kuning di laga ini: Nelson Semedo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here