Data dan Fakta Liga Champions: Ajax Amsterdam vs Juventus

0
40
prediksi-champion3
dinasty-poker

Beritabola99.com – Ajax Amsterdam akan menjamu Juventus di leg pertama babak perempat final Liga Champions 2018/19, Kamis (11/4). Berikut beberapa data dan fakta yang melatarbelakangi pertandingan di Johan Cruyff Arena ini.

Ajax kalah enam kali dan hanya menang dua kali dalam 12 pertemuan melawan Juventus (M2 S4 K6), mencetak sembilan gol dan kebobolan 15 gol.

Juventus tak terkalahkan dalam sembilan pertemuan terakhir melawan Ajax (M5 S4 K0). Juventus juga memenangi lima dari enam laga terakhirnya melawan Ajax (M5 S1 K0).

Ajax dan Juventus sebelumnya sudah empat kali bertemu di partai dua leg kompetisi Eropa, dan selalu Juventus yang keluar sebagai pemenang.

Ajax dan Juventus terakhir kali bertemu di babak 32 besar Liga Europa 2009/10. Juventus lolos dengan agregat 2-1 (1-2 tandang, 0-0 kandang).

Ajax dan Juventus sudah dua kali bertemu di final kompetisi ini. Ajax mengalahkan Juventus 1-0 di final Belgrade 1973, dan Juventus membalasnya dengan kemenangan adu penalti di final Roma 1996.

Juventus selalu menang dalam tiga laga tandang terakhirnya melawan Ajax di Amsterdam: 2-1 di semifinal Liga Champions 1997, kemudian 1-0 di fase grup Liga Champions 2004, dan 2-1 di babak 32 besar Liga Europa 2010.

Cristiano Ronaldo telah mencetak tujuh gol dalam lima penampilan melawan Ajax. Dia mencatatkan statistik itu bersama Real Madrid, ketika bertemu Ajax di fase grup musim 2010/11, 2011/12 dan 2012/13.

Pencetak gol terbanyak Ajax di Liga Champions musim ini: Dusan Tadic (6).

Pencetak gol terbanyak Juventus di Liga Champions musim ini: Paulo Dybala (5).

Ajax Amsterdam

Rekor Ajax di babak perempat final European Cup/Liga Champions adalah lolos delapan kali dan tersingkir empat kali (M8 K4).

Terakhir kali Ajax tampil di perempat final Liga Champions, lawannya adalah tim asal Italia, yakni AC Milan pada musim 2002/03. Ajax tersingkir dengan agregat 2-3 (0-0 kandang, 2-3 tandang).

Rekor kandang Ajax di babak perempat final kompetisi ini adalah M6 S5 K1.

Ajax tanpa kemenangan dalam enam laga kandang terakhirnya di fase knockout Liga Champions (M0 S3 K3).

Ajax hanya kalah sekali dalam 14 laga yang sudah mereka mainkan di Eropa musim ini (M8 S5 K1), yakni 1-2 menjamu Real Madrid pada leg pertama babak sebelumnya.

Ajax tanpa kemenangan dalam delapan laga kandang terakhirnya melawan tim-tim Serie A. Terakhir kali mereka mengalahkan tim asal Italia di Amsterdam adalah 2-1 vs AS Roma di second group stage Liga Champions 2002.

Rekor Ajax dalam partai dua leg melawan tim-tim Italia adalah M5 K7. Ajax tersingkir tiga kali dalam empat yang terakhir.

Ajax memenangi sembilan dari sepuluh laga terakhirnya di semua kompetisi. Satu-satunya pengecualian adalah kekalahan 0-1 melawan tuan rumah AZ Alkmaar di Eredivisie pada 17 Maret 2019.

Kekalahan 1-2 melawan Real Madrid di leg pertama babak 16 besar adalah satu-satunya kekalahan kandang yang ditelan Ajax di semua kompetisi musim ini (M19 S3 K1).

David Neres mencetak enam gol dalam tujuh penampilan terakhirnya untuk Ajax di semua kompetisi.

Dusan Tadic selalu mencetak gol dalam empat penampilan kandang terakhirnya untuk Ajax di semua kompetisi (total 6 gol).

Dusan Tadic mencetak 17 gol dalam 21 penampilan terakhirnya untuk Ajax di semua kompetisi.

Skorsing: Noussair Mazraoui.

Absen di laga berikutnya jika mendapatkan kartu kuning di laga ini: Daley Blind, Matthijs De Ligt, Nicolas Tagliafico, Donny Van de Beek, Hakim Ziyech.

Juventus

Rekor Juventus di babak perempat final European Cup/Liga Champions adalah lolos 12 kali dan tersingkir enam kali (M12 K6).

Langkah Juventus di Liga Champions musim lalu terhenti di perempat final. Mereka disingkirkan Real Madrid dengan agregat 3-4 (0-3 kandang, 3-1 tandang).

Terakhir kali Juventus menghadapi tim asal Belanda di perempat final kompetisi ini adalah pada musim 1977/78. Lawan mereka waktu itu adalah Ajax, dan Juventus lolos lewat adu penalti (1-1 tandang, 1-1 kandang).

Rekor Juventus dalam partai dua leg melawan tim-tim Belanda adalah M4 K1.

Juventus tak terkalahkan dalam enam laga terakhirnya melawan tim-tim asal Belanda (M4 S2 K0), sejak takluk 0-2 di kandang Feyenoord di fase grup Liga Champions 1997/98.

Rekor Juventus melawan tim-tim Belanda adalah M8 S5 K5, mencetak 24 gol dan kebobolan 17 gol.

Rekor tandang Juventus melawan tim-tim Belanda adalah M3 S2 K3.

Juventus memenangi tiga laga terakhirnya: 1-0 vs Empoli (kandang), 2-0 vs Cagliari (tandang), 2-1 vs AC Milan (kandang).

Tak ada hasil imbang dalam sembilan laga tandang terakhir Juventus di semua kompetisi (M6 S0 K3).

Moise Kean, yang mencetak gol penentu kemenangan atas AC Milan di Serie A akhir pekan kemarin, selalu mencetak satu gol dalam lima penampilan terakhirnya untuk klub (Juventus) dan tim nasional (Italia).

Paulo Dybala, yang mencetak satu gol penalti kontra AC Milan di Serie A akhir pekan kemarin, mencetak tiga gol dalam delapan penampilan terakhirnya untuk Juventus di semua kompetisi.

Cristiano Ronaldo mencetak hat-trick penentu kemenangan 3-0 atas Atletico Madrid yang meloloskan Juventus ke perempat final. Ronaldo, yang sudah mencetak empat gol untuk Juventus di Liga Champions musim ini, kemudian mengalami cedera saat memperkuat Portugal di jeda internasional dan belum bermain hingga sekarang. Namun pelatih Massimiliano Allegri mengatakan bahwa dia bisa tampil melawan Ajax.

Skorsing: Tidak ada.

Absen di laga berikutnya jika mendapatkan kartu kuning di laga ini: Federico Bernardeschi, Blaise Matuidi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here