Bersiaplah Melihat Liga Italia Bernasib Malang Seperti Liga Prancis

0
38
Bersiaplah Melihat Liga Italia Bernasib Malang Seperti Liga Prancis
dinasty-poker

Bersiaplah Melihat Liga Italia Bernasib Malang Seperti Liga Prancis

Gilabola.com – Sebagai penikmat bola bersiaplah melihat Liga Italia bernasib malang seperti Liga Prancis karena pemerintah negeri itu memberi persyaratan nyaris mustahil guna melanjutkan kompetisi Serie A musim ini.

Pemerintah Italia memang sejak awal ragu-ragu memberi izin bagi Liga Italia untuk melanjutkan musim 2019/2020 mereka yang tertunda sejak awal Maret. Dan kini Menteri Olahraga Vincenzo Spadafora sudah memberi syarat, yang luar biasa sulit bagi Serie A untuk melanjutkan kompetisi mereka.

Pertama, test Covid-19 yang dilakukan terhadap para pemain sepak bola dibiayai oleh klub-klub Liga Italia, bukan menggunakan uang pemerintah atau duit pajak rakyat Italia. Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu adalah, jika satu saja pemain terbukti positif terpapar penyakit ini maka seluruh tim, termasuk para pelatih, harus dikarantina selama 14 hari.

Jika aturan pertama lebih menyangkut masalah finansial, siapa yang membayari rangkaian tes sebelum dan sesudah pertandingan, maka aturan kedua lebih berat lagi dampaknya. Karantina 14 hari akan menyebabkan klub yang bersangkutan tak bisa menyelesaikan musim secara sepantasnya dan menyebabkan seluruh kompetisi Liga Italia bernasib malang, harus dihentikan kembali.

Liga Jerman akan memulai kompetisi musim 2019/2020 yang tertunda pada Sabtu 16 Mei ini. Liga Spanyol menargetkan tanggal 12 Juni sebagai tendangan pertama di atas lapangan hijau meski sejumlah pemain menyampaikan keluhan merasa dieksploitasi.

Saat ini pemerintah Italia dan otoritas Serie A tengah mencari jalan tengah. Jika solusi tak bisa ditemukan maka bersiaplah melihat Liga Italia dinyatakan batal. Entah apakah Juventus akan dikukuhkan sebagai juara sebagaimana PSG dinyatakan sebagai pemenang di Liga Prancis, yang dua pekan lalu sudah menyatakan setop di tengah jalan karena pemerintah setempat melarang sepak bola sampai bulan September.

Diam-diam mungkin Cristiano Ronaldo lebih suka musim dibatalkan, dengan atau tanpa Juventus dikukuhkan menjadi juara musim ini. Saat semua pemain Bianconeri dipanggil pulang ke Turin pekan lalu, muncul rumor bahwa Paulo Dybala gagal menjalani test Covid-19 untuk keempat kalinya. Media-media di Italia menuding bocornya kabar ini dihembuskan oleh orang-orang di sekitar Ronaldo, guna mencari alasan bagi sang bintang Portugal pulang terlalu awal dari Kepulauan Madeira ke Allianz Stadium ke Turin.

UEFA sudah menyampaikan kekhawatiran mereka. Kalau Liga Italia musim 2019/2020 ini tak bisa diselesaikan secara sepantasnya maka tim-tim raksasa seperti Juventus, Lazio, Inter Milan, Napoli dan Atalanta kemungkinan tidak akan diizinkan mengikuti kompetisi Liga Champions dan LIga Europa musim depan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here