Barcelona Berubah Pikiran, Pukul Rata Gaji Pemainnya

0
37
Barcelona Berubah Pikiran, Pukul Rata Gaji Pemainnya
dinasty-poker

Barcelona Berubah Pikiran, Pukul Rata Gaji Pemainnya

Gilabola.com – Barcelona dipaksa untuk mengubah model pembayaran gaji para pemainnya. Yakni, memukul rata bayaran semua pemainnya menjadi ‘hanya’ sekitar 13 juta Euro atau sekitar 226 miliar per orang!

Beban pembayaran gaji skuad utama mereka saat ini mencapai 245 juta Euro (4,26 triliun Rupiah), bersih, di setiap tahunnya. Tapi, diungkapkan AS, jumlah itu bisa lebih besar lagi dengan kedatangan Neymar.

Tidak ada yang tahu pasti apa yang akan terjadi di dunia sepakbola satu hari setelah pandemi coronavirus. Namun, semua ahli menunjukkan, saat ini model yang telah dibentuk dunia sepakbola akan secara substansial dimodifikasi.

Hilangnya jutaan dolar pendapatan, peluang klub untuk menggelar pertandingan secara tertutup dan keraguan akan opsi bisa mengakhiri musim ini, telah menciptakan kerangka kerja baru di mana banyak klub akan dipaksa untuk mengelola aset mereka dengan cara yang sangat berbeda, jika ingin bertahan.

Barcelona tampaknya benar-benar menemui jalan buntu yang nyata dalam hal ini. Dengan skuad yang terlalu besar secara ekonomi, hal ini tentunya bisa membahayakan masa depan klub dalam jangka waktu menengah, jika tak bisa diperbaiki.

Blaugrana saat ini harus hadapi gaji massal sebesar 245 juta Euro per tahun kepada para pemain tim utama mereka. Direktur umum Barca, Oscar Grau, sudah menjelaskan pada Januari lalu mengenai kesulitan untuk mempertahankan model ini, yang menurut dia, telah kehilangan beban hampir 30 juta Euro (522 miliar Rupiah) berkat transfer pemain seperti Carles Aleñá, Jean-Clair Todibo, Philippe Coutinho, Rafinha dan Moussa Wagué.

Meskipun ada pengurangan drastis dalam jumlah personel pemain – yang telah menjadikan skuad tim utama sebagai skuad terkecil di antara tim-tim Primera lainnya, tetap saja Barca memiliki skuad yang paling mahal di dunia.

Faktanya, mengingat total massa gaji naik menjadi 245 juta Euro dengan jumlah pemain saat ini yang sebanyak 19 pemain, maka jika dirata-rata mereka akan menerima 12,89 juta Euro (sekitar 224 miliar Rupiah) atau jika dibulatkan menjadi 13 juta Euro (226 miliar Rupiah) bersih per pemain.

Dengan rata-rata hampir 13 juta Euro per pemain tersebut, Barcelona masih perlu mengeluarkan dana bonus untuk setiap pemain yang ikut memenangkan gelar atau pertandingan. Tentunya akan jadi kehancuran nyata bagi klub, jika pendapatannya melambat atau berkurang.

Tentunya, Barca dipastikan akan lebih kewalahan dalam segala hal, jika Neymar akhirnya jadi kembali ke Camp Nou. Tidak akan ada yang menyangsikan bahwa pemain Brasil itu akan menjadi pemain dengan bayaran tertinggi kedua di skuad Blaugrana, setelah Lionel Messi.

Hasilnya, kedatangan Neymar dipastikan akan memaksa Barca untuk secara drastis ‘membersihkan’ banyak pemain dalam skuadnya, agar tidak membuat keuangan klub menjadi bertambah kacau-balau.

Saat ini, untuk sementara waktu, Barcelona telah berhasil mengatasi masalah keuangan mereka dengan kesepakatan pengurangan gaji para pemainnya hingga 70 persen. Saat ini, pengurangan tersebut berhasil menghemat total 21 juta Euro (365 miliar Rupiah), dari jumlah total yang sebesar 245 juta Euro tersebut.

Meski demikian, sisa-sisa perjuangan Blaugrana tak cukup untuk memenuhi semua kebutuhan biaya, bahkan mereka justru melihat masalah yang lebih rumit berada di depan mata. Karena itulah, Presiden Josep Maria Bartomeu mengungkapkan, pasar transfer tahun ini ‘akan lebih banyak diselesaikan dengan barter daripada uang’ dan itulah prediksi realistis yang mengkhawatirkan saat ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here