Ayo Persib, Persija, Bali United, Bikin Suporter Virtual di Stadion Bola

0
31
Ayo Persib, Persija, Bali United, Bikin Suporter Virtual di Stadion Bola
dinasty-poker

Ayo Persib, Persija, Bali United, Bikin Suporter Virtual di Stadion Bola

Gilabola.com – Sejumlah klub Liga 1 Indonesia yang bermodal besar seperti Persib Bandung, Persija Jakarta dan Bali United bisa menirukan ide genius mendirikan suporter virtual di dalam stadion bola mereka masing-masing. Begini caranya.

Sepak bola sudah memulai lagi kompetisinya, yang diawali oleh Bundesliga pekan lalu. Tapi semua laga masih dilangsungkan tanpa penonton sehingga suasana stadion mencekam karena sunyi senyap. Hanya suara teriakan pelatih dari pinggir lapangan serta suara para pemain yang terpantulkan di dinding-dinding stadion.

Kini sebuah klub di Denmark, AGF Aarhus, punya ide untuk membuat suporter virtual dengan cara memasang 22 layar atau TV raksasa di sekeliling stadion mereka. Dengan bantuan laptop dan app Zoom, para pendukung bisa ikut serta mengirimkan suara dan video dukungan mereka ke dalam stadion.

Aplikasi yang ramai dipakai orang untuk rapat virtual selama periode work from home itu bisa menampilkan maksimal 100 orang sekaligus dalam satu layar dalam mode gratisan. Untuk bisa menampilkan sampai 500 wajah sekaligus di satu layar, butuh pembelian lisensi tambahan. Juga butuh lisensi tambahan agar app tidak terputus setelah 40 menit.

“Kami bangga menjadi klub pertama di dunia yang menggunakannya (suporter virtual ini),” kata CEO Aarhus Jacob Nielsen dalam sebuah pernyataan. “Sekarang, dengan kita harus melakukan pertandingan tanpa penonton untuk sementara waktu, mungkin kita bisa menginspirasi hal serupa di klub lain yang juga bisa mendapat manfaat dari itu.”

Zoom telah terbukti sebagai platform meeting online yang paling populer di antara jutaan orang yang menjalani karantina di seluruh dunia. Aplikasi serupa termasuk Google Meet, Skype, Microsoft Teams, Lifesize, dan Cisco Webex.

Saat ini layar TV terbesar yang bisa dibeli berukuran 292 inch, kira-kira 5,5 meter lebarnya. Harganya setahun lalu masih di kisaran Rp 1 Milyar per satu unit, tapi mungkin sudah turun jauh di masa sulit ekonomi ini. Jadi satu klub Liga 1 Indonesia bisa mengeluarkan dana sampai 13 atau 14 Milyar termasuk instalasi dan berbagai unit laptop yang menyertainya untuk memasang 22 layar TV 292 inch di sekeliling stadion mereka masing-masing. Belum termasuk lisensi yang harus dibeli dari Zoom dan biaya akses internet berpita lebar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here