Arsene Wenger Ratapi Kepergian Arsenal Dari Stadion Highbury

0
38
Arsene Wenger Ratapi Kepergian Arsenal Dari Stadion Highbury
dinasty-poker

Arsene Wenger Ratapi Kepergian Arsenal Dari Stadion Highbury

Gilabola.com – Sampai dengan hari ini Arsene Wenger masih meratapi kepergian Arsenal dari stadion legendaris mereka, Highbury. Wenger menyebut ada faktor magis yang hilang usai kepergian tersebut.

Dalam bahasanya Wenger, kepergian Arsenal dari Highbury Stadium pada tahun 2006 untuk pindah ke stadion baru yang lebih megah, hanya selang beberapa ratus meter saja ke sisi barat-daya dari stadion lama, Emirates, berdampak besar bagi performa klub.

Di Stadion Highbury itulah terdapat kekuatan magis Arsenal, antara lain ditandai dengan kemampuan merebut gelar juara Liga Inggris musim 2003-2004 tanpa satu kali pun terkalahkan. Sejumlah pemain yang menjadi anggota skuad The Gunners saat itu adalah Thierry Henry, Ashley Cole, Patrick Vieira, Freddie Ljungberg dan Robert Pires.

Arsene Wenger masih menjadi pelatih Arsenal saat manajemen klub memutuskan pindah dari Highbury, yang sudah menjadi kandang The Gunners sejak tahun 1913, ke Emirates pada tahun 2006.

Pilihan saat itu memang sulit, kenang Wenger. “Anda sebagai sebuah klub sepak bola harus memilih, antara maju terus atau tertinggal di belakang,” katanya. The Gunners sebagai sebuah klub harus mengejar ketertinggalan dari tim lain dengan pindah ke stadion lain yang lebih luas, memiliki kapasitas tempat duduk lebih banyak, guna menaikkan pemasukan dari tiket laga-laga kandang.

Di Highbury kapasitas tempat duduk maksimal 38 ribu sekian. Di Emirates naik hampir dua kali lipatnya menjadi 60-an ribu. Tapi ada yang tertinggal di stadion lama mereka saat kepergian Arsenal itu, yakni dukungan penonton. Jarak antara tribun penonton dan lapangan hijau dirasakan terlalu jauh, sehingga suara riuh dukungan supporter di stadion baru tidak lagi sama seperti di Highbury.

Selain itu jumlah jumlah staf klub yang terlibat untuk sebuah hari pertandingan di stadion lama paling-paling 40 orang, “dan semua mereka saya kenal,” kata Wenger. Hari ini sebuah pertandingan Arsenal melibatkan tidak kurang dari 600 orang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here